• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribun Jogja
Home » Jawa

IDI Banyumas Nyatakan Tak Ada Malpraktik

Selasa, 12 Maret 2013 21:50 WIB
IDI Banyumas Nyatakan Tak Ada Malpraktik
Net
Laporan Reporter Tribun Jogja, Hanan Wiyoko

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOKERTO
- Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Banyumas, dr Untung Gunarto SpS, mengatakan, kasus dugaan malpraktik yang membawa nama dr Aditiyono SpOG sudah selesai. Katanya, hasil investigasi dan konfirmasi yang dilakukan menunjukkan tidak ada pelanggaran prosedur.

"Kesimpulannya, tindakan medis yang dilakukan oleh yang bersangkutan sudah sesuai prosedur. Tidak ada malpraktik. Dari kejadian ini, bisa diambil hikmahnya bagi semua pihak," kata Dokter Untung kepada Tribun Jogja, Selasa (12/3/2013) malam.

Ia menambahkan, pasien Suparmi diketahui mengalami pre-eklamsia berat yang berisiko tinggi pada kematian. Karena kondisi itu, menurutnya, langkah dr Aditiyono SpOG sudah tepat.

Seperti diberitakan, pasien Suparmi, warga Desa Karangtalun, Kecamatan Cilacap Utara, Cilacap, Jawa Tengah, masuk ke Klinik Mitra Ibu pada Minggu (10/2/2013) malam dalam kondisi hipertensi dan air ketuban pecah.

Kemudian, Senin (11/2/2013) siang, Suparmi yang pernah keguguran dua kali dioperasi caesar oleh dr Aditiyono SpOG setelah dirujuk dari Klinik Mitra Ibu ke RS Aghisna. Setelah melahirkan bayi perempuan anak pertamanya, Suparmi mengalami pendarahan hebat.

Pasien pun dirujuk lagi ke Klinik Mitra Ibu. Dalam kondisi kritis, Suparmi dibawa ke RS Margono Soekarjo, Purwokerto, untuk operasi pengangkatan rahim. Namun, saat ditangani, nyawa pasien tak tertolong.

Dokter Aditiyono, saat dikonfirmasi, membantah telah melakukan malpraktik. Ia mengaku sudah melakukan penanganan operasi sesuai prosedur.

Keluarga korban dan penasihat hukumnya, Djoko Susanto, menyayangkan pasien yang dalam kondisi hipertensi dirujuk untuk dioperasi caesar di RS Aghisna, bukan di RS Margono Soekarjo.

(Tribunjogja.com)
Editor: igy
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
241573 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas