• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Jogja
Home » Yogya » Bantul

Calon Kepala Desa Dibatasi Maksimal 65 Tahun

Senin, 18 Februari 2013 12:22 WIB

Calon Kepala Desa Dibatasi Maksimal 65 Tahun
Tribun Jogja/Yudha Kristiawan
Workshop Raperda Prakarsa DPRD Bantul terkait perubahan Perda Nomor 21 tahun 2007 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa, Senin (18/2/2013).
Laporan Reporter Tribun Jogja, Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL
- Seluruh kepala desa di Kabupaten Bantul mengikuti workshop Raperda Prakarsa DPRD Bantul terkait perubahan Perda Nomor 21 tahun 2007 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa, Senin (18/2/2013).

Dalam kesempatan ini, ditanyakan mengenai kejelasan batasan umur calon kepala desa yang diperbolehkan mendaftar dalam Raperda tersebut. Selain itu, juga ditanyakan tentang aturan main ketika seorang kepala desa terjun di dunia politik.

Menurut anggota Komisi A DPRD Bantul, Maslakhah, dalam perubahan Perda Nomor 21 tahun 2007 tersebut dimasukkan batasan umur calon kepala desa, yakni minimal berusia 25 tahun dan maksimal 65 tahun.

"Dalam PP No 72 tahun 2005 tentang Desa, tak disebutkan batasan usia maksimal seseorang boleh mencalonkan diri sebagai kepala desa. Untuk itulah, nantinya kami masukkan dalam Raperda. Kami pertimbangkan tingkat produktivitas," ujarnya di sela workshop.

Lebih lanjut, Maslakhah menjelaskan, berkaitan dengan aturan main tentang kepala desa yang terjun ke dunia politik, Komisi A akan mendorong yang bersangkutan mengundurkan diri.

"Persoalan kepala desa menjadi caleg memang agak krusial. Kami akan dorong kepala desa harus mengundurkan diri ketika memutuskan terjun ke dunia politik," jelasnya.

(Tribunjogja.com)
Penulis: yud
Editor: igy
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
Facebook Connect
  | Social:    ON Social:    OFF | Option

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas