• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Jogja

Cara Mengurus IMB yang Hilang

Selasa, 12 Februari 2013 17:04 WIB
TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Saya ingin menanyakan, bagaimana caranya mengurus IMB saya yang hilang? Atas perhatiannya kami ucapkan banyak. 6285228020XXX

IZIN Mendirikan Bangunan Gedung yang selanjutnya disingkat IMB adalah perizinan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah kepada pemohon untuk membangun baru,  rehabilitasi/renovasi, dan/atau memugar dalam rangka melestarikan bangunan sesuai dengan  persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku.

Jika pemilik IMB kehilangan surat izin tersebut bisa mengurus lagi ke Dinas Perizinan dimana bangunan berada atau didirikan. Pemilik yang kehilangan akan mendapatkan duplikat dokumen IMB sebagai surat penganti sah izin mendirikan bangunan.

Jika anda berada di wilayah Kota Yogya, ketentuan dokumen duplikat itu diatur pada Peraturan Daerah Kota Yogya Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Bangunan Gedung khususnya bagian pelayanan administrasi IMB Pasal 81, di sana disebutkan pembuatan duplikat dokumen IMB sebagai pengganti dokumen IMB yang hilang atau rusak.

Disebutkan pula untuk mengurus IMB hilang harus menyertakan atau melampirkan keterangan hilang tertulis dari instansi yang berwenang atau surat kehilangan dari polisi, pemohon juga datang membawa kartu tanda penduduk (KTP) pemilik bangunan.  

Kemudian akan dilakukan pengecekan bangunan, jika masih tidak ada perubahan maka segera bisa diterbitkan duplikat dokumen IMB, namun jika bangunan sudah berubah karena sesuatu sebab maka harus mengurus dokumen perubahan baru.  

Sedangkan soal biaya pengantian dokumen, mengacu pada Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 3 Tahun 2012 Tentang Retribusi Perizinan Tertentu di bagian Layanan Administrasi IMB Pasal 12 disebutkan pada Ayat (1) Pembuatan duplikat IMB yang hilang atau rusak tidak dipungut retribusi, tetapi Pemohon menanggung biaya penggandaan terhadap dokumen perizinan yang dimohonkan. (Tribunjogja.com)


Gatot Sudarmono

Kepala Bidang Regulasi Dinas Perizinan Kota Yogyakarta
Penulis: iwe
Editor: wid
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
210004 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas