• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 16 September 2014
Tribun Jogja
Home » Jawa

Solo Diusulkan Jadi Kota Kreatif Dunia ke Unesco

Sabtu, 26 Januari 2013 19:59 WIB
Solo Diusulkan Jadi Kota Kreatif Dunia ke Unesco
TRIBUNJOGJA.COM/HASAN SAKRI GHOZALI
Peserta pawai Solo Batik Carnival (SBC), beberapa waktu lalu.
TRIBUNJOGJA.COM, SOLO - Kota Solo diusulkan menjadi kota kreatif dunia ke Unesco, Badan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan di bawah Perserikatan Bangsa-bangsa. Selain Solo, juga ada Yogyakarta dan Bandung. Solo dinilai memiliki potensi yang mendukung, antara lain pusat-pusat kerajinan ekonomi kreatif, kantong kesenian, aneka seni pertunjukan, dan kelompok-kelompok seni.

Hal ini diungkapkan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi dalam seminar nasional "Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Komoditas Pertanian di Indonesia" di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sabtu (26/1/2013).

"Ekonomi kreatif itu sebenarnya make money with idea, sebuah kreativitas yang menyertai suatu produk. Dengan kita memasukkan kreativitas, sesuatu akan punya nilai tambah sehingga nilai ekonominya pun meningkat," kata Bayu.

Solo yang luasnya hanya 44 kilometer persegi hampir tidak memiliki lahan pertanian. Kota di Jawa Tengah ini mengandalkan sektor perdagangan dan jasa. Pada masa kepemimpinan Wali Kota Solo Joko Widodo pernah dicanangkan slogan Solo Kreatif, Solo Sejahtera.

Kegiatan ekonomi kreatif yang banyak digeluti warganya diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup mereka. Di Solo terdapat beberapa pusat ekonomi kreatif, seperti produksi batik, blangkon, dan furnitur.

(Tribunjogja.com)
Editor: igy
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
190123 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas