• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 23 September 2014
Tribun Jogja
Home » Jawa

Batalyon 412 Pamitan Lewati Kesenian Hadrah

Kamis, 24 Januari 2013 22:34 WIB
Batalyon 412 Pamitan Lewati Kesenian Hadrah
Tribun Jogja/Rento Ari Nugroho
Beberapa anggota Yonif 412/R Purworejo menampilkan kesenian hadrah dalam acara Grebeg Maulud Nabi di Pondok Pesantren Darussalam, Plaosan, Purworejo, Kamis (24/1/2013).
Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO
- Pamitan dengan cara kreatif. Itulah yang dilakukan oleh Batalyon Infantri (Yonif) 412/R Purworejo. Jelang pemberangkatan tugas ke luar Jawa akhir bulan ini, mereka berpamitan kepada masyarakat Purworejo dengan menampilkan kesenian hadrah.

Dalam acara Grebeg Maulud Nabi Muhammad SAW yang diadakan di Pondok Pesantren Darussalam, Kamis (24/1/2013), sepuluh anggota Batalyon 412 Pamitan Melalui Kesenian menampilkan kesenian hadrah di hadapan ribuan warga.

Empat orang bertindak sebagai pemfidha (penyanyi), sedangkan enam lainnya pemukul hadrah. Sekitar 15 menit, kesepuluh anggota tersebut menampilkan lagu-lagu berbahasa Arab sarat nasihat, diiringi hentakan tangan memukul hadrah.

Walau tidak didandani kostum dan riasan menarik layaknya pemain hadrah, penampilan sepuluh prajurit tersebut berhasil memukau ribuan warga.

Menurut Komandan Batalyon 412/R, Mayor Infantri M Taufik Zega, penampilan kesepuluh prajurit tersebut tidaklah dadakan. Mereka telah mempersiapkan diri karena hadrah memang menjadi kegiatan rutin pengisi aktivitas keagamaan prajurit yang beragama Islam.

"Kami sebagai anggota TNI tidak lepas dari kebudayaan yang ada di masyarakat. Karena itu, sebagai satu bentuk berkesenian, anggota memilih hadrah. Kesenian tersebut, di Yonif 412/R telah dimulai sekitar dua bulan lalu.," jelasnya.

Mayor Inf Taufik menuturkan, akhir bulan ini, sekitar 650 anggota Yonif 412 akan ditugaskan ke luar Jawa.

"Pada 28 Januari 2013 nanti, sebanyak 650 anggota akan ditugaskan ke Papua selama enam bulan. Karena itu, apa yang dilantunkan dalam Hadrah merupakan doa memohon kelancaran dalam tugas. Selain itu, doa juga sebagai permohonan restu dari masyarakat Purworejo," jelasnya.

(Tribunjogja.com)
Penulis: toa
Editor: igy
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
188343 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas