Selasa, 25 November 2014
Tribun Jogja

Antisipasi Narkoba, Mahasiswa UTY Dites Urine

Kamis, 10 Januari 2013 16:50 WIB

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ditengah maraknya peredaran narkoba, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) memrakarsai tes urine bagi mahasiswanya. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan agar kaum akademisi di Yogyakarta khususnya, tidak terkontaminasi barang terlarang itu.

Tes urine bagi mahasiswa UTY tersebut digelar serentak di tiga kampusnya pada Rabu (7/1/2013). Dari sekitar 6.000 mahasiswa di seluruh kampusnya, tim dari UTY dibantu tim gerakan nasional anti narkotika (Granat) DIY, mengumpulkan 235 orang sebagai sampel.

Mereka adalah mahasiswa yang secara kebetulan melintas atau terjaring secara acak oleh tim, untuk kemudian ikut tes urine. Begitu terkumpul di ruangan, 235 mahasiswa ini baru mengetahui akan diikutkan dalam tes urine. Dengan demikian, dipastikan peserta tes tidak dalam persiapan.

Ketua Granat DIY, Feryan Harto Nugroho memastikan, pengambilan urine oleh peserta dilakukan di toilet dalam penjagaan anggotanya secara ketat. Selain mengosongkan bak air di kamar mandi, kran air pun dimatikan. "Jadi tidak mungkin dicampur air untuk mengelabuhi," katanya, saat jumpa pers di HI Lab Yogyakarta, Kamis (10/1/2013).

Dalam jumpa pers itu, Spesialis Patologi Klinik Konsultan HI-Lab DC Yogyakarta, Dr Harjo Mulyono, yang melakukan uji lab, menyampaikan bahwa hasilnya semua peserta tes urine negatif. Menurutnya, tes menggunakan peralatan untuk mengetahui ada tidaknya Morfin, Apetamin, dan sabu-sabu.

Sementara itu, Wakil Rektor UTY, Tri Gunarsih mengatakan, tes narkoba tersebut dilakukan karena peduli terhadap Yogyakarta. Dia berharap, mahasiswa di Yogyakarta tidak terjerumus dalam dunia narkotika. Mengawali kampus bebas narkoba, ke depan Yogyakarta akan bersih pula dari peredaran narkoba.(*)
Penulis: ose
Editor: evn

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas