• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribun Jogja

Solusi Rumah Menghadap Barat Tetap Adem

Minggu, 30 Desember 2012 11:16 WIB
Solusi Rumah Menghadap Barat Tetap Adem
rumah.com
Ilustrasi
TRIBUNJOGJA.COM - Rumah menghadap barat akan panas pada sore hari. Dengan secondary skin, rumah pun jadi adem.

Matahari sore akan memberi efek panas berlebih pada bangunan. Lalu bagaimana jika bangunan kita justru menghadap ke barat? Bisa jadi akan lebih panas.

Untuk mengatasi kondisi seperti itu sebetulnya tidak sulit. Anda tidak perlu pindah rumah. Langkah yang paling sederhana adalah dengan memasang kerai pada bagian rumah yang menghadap ke matahari. Kerai pun bisa dipilih, yaitu yang bisa dibuka-tutup atau yang permanen.

Dalam arsitektur, kerai permanen dapat berupa secondary skin atau penutup dinding terluar. Biasanya secondary skin menempel erat pada dinding bangunan, seperti rumah satu ini yang terpasang pada fasad, berukuran 3,3 m x 6,5 m.

Penutup tersebut terbuat dari bilah-bilah papan kayu kamper 2/20 yang disusun horizontal dan miring. Rangkanya berupa rangkaian balok kayu dan baja profil. Desainnya tetap mengakomodasikan ruang untuk "mengintip". Bilah-bilah papan dipasang secara horizontal, berjarak 12cm dengan sudut kemiringan 30 .

Dengan bentuk seperti itu, memungkinkan pemilik untul mengamati lingkungan liar. Udara dan cahaya pun masuk dalam jumlah yang cukup. Pada sore hari, kerai permanen ini berfungsi sebagai peredam panas matahari sehingga menjaga ruang dalam tetap adem. (*)
Editor: wid
Sumber: Tribunnews
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
160484 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas