Kamis, 27 November 2014
Tribun Jogja

Keluarga Keraton Keliling Gereja Ucapkan Selamat Natal

Senin, 24 Desember 2012 21:12 WIB

Keluarga Keraton Keliling Gereja Ucapkan Selamat Natal
TRIBUNJOGJA/HENDY KURNIAWAN
KPH Wironegoro (ke tiga dari kiri), mewakili keluarga Keraton Yogyakarta memberikan ucapan selamat Natal kepada umat Kristiani di Gereja St Antonius Kotabaru,Senin (24/12/2012).
TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Keluarga besar Keraton Yogyakarta yang dipimpin oleh KPH Wironegoro bersama keluarga Pakualaman, Forum Persatuan Umat Beragama (FPUB) dan elemen masyarakat lainnya mengunjungi tiga gereja di Yogyakarta untuk mengucapkan selamat hari Natal, Senin (24/12/2012).

Diawali dengan kunjungan GPIB Marga Mulya atau dikenal dengan nama Gereja Ngejaman, Wironegoro beserta rombongan menyampaikan ucapan selamat Natal di depan ratusan jemaat Gereja.

Rombongan kemudian melanjutkan kunjungan di Gereja St Antonius Kotabaru untuk memberikan sambutan sebelum Misa Natal ke dua yang dipimpin Romo Danang Bramasti.

"Saya memimpin rombongan ini untuk memberikan ucapan selamat Natal kepada umat Kristiani. Dengan ini kami menegaskan bahwa DIY menghargai keberagaman, juga sebagai wujud mengisi keistimewaan DIY dengan hal positif. Tujuannya menjadikan DIY menjadi lebih baik lagi ke depannya," tutur Wironegoro, yang juga menantu Sri Sultan HB X.

Ketua FPUB, KH Abdullah Muhaimin, yang didapuk memberikan sambutan di depan sekitar 5.000 umat Gereja St Antonius, menyatakan jika kehidupan di DIY bukan sekedar entitas pemerintahan. Tapi juga merupakan sebuah entitas budaya yang menghargai keberagaman.

"Sejarah keberagaman telah hidup sejak berdirinya Keraton. Sri Sultan sebagai sosok pemimpin memiliki filosofi Songsong Agunging Kawulo Mataram, yakni mengayomi rakyat tanpa membedakan agama, golongan, tingkat ekonomi dan lainnya," ujar Kyai Muhaimin disambut tepuk tangan jemaat.

Kekuatan budaya, lanjutnya, melampaui kekuatan DIY sebagai entitas pemerintahan. Sebab, budaya telah melekat dan menjalar di nadi setiap warganya.

"Atas nama segenap tokoh agama, kami ucapkan selamat Natal. Semoga kegembiraan dan kedamaian malam ini terus dirasakan di masa datang. Selamat malam dan berkah dalem," ucap Kyai Muhaimin.

Gereja Kristen Jawa Gondokusuman atau dikenal dengan nama Gereja Sawokembar, menjadi tujuan terakhir rombongan dalam kunjungan ini. Disambut Pendeta Wahyu Satrio Wibowo, rombongan pun mengucapkan selamat Natal kepada umat gereja tersebut. (*)
Penulis: hdy
Editor: evn

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas