Kulit Jeruk Bikin Sambal Lebih Mak Nyus

Sebelum dicampurkan ke dalamnya, kulit jeruk ini harus diparut. Jika tidak, sambal akan terasa pahit.

Kulit Jeruk Bikin Sambal Lebih Mak Nyus
Net
Ilustrasi.
TRIBUNJOGJA.COM - Bagi orang Indonesia, makan tanpa sambal pasti kurang mantap. Sebab, banyak sekali menu di Indonesia, apalagi menu sehari-hari, yang tambah nikmat jika ditambah cocolan sambal.

Aneka jenis sambal seperti sambal terasi, sambal tomat, sambal kacang dan sambal-sambal lainnya, selain menambah kenikmatan rasa makanan dan juga biasanya mampu meningkatkan selera makan.

Kelebihan lainnya, sambal juga dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan dan murah.

"Sangat mudah untuk membuat sambal. Bahan utamanya adalah cabai rawit, garam, bawang merah dan bawang putih," ungkap Sunarto, Instruktur Boga Bogasari Baking Center (BBC), Rabu (19/12/2012), dikutip Tribun Jogja dari Kompas.com.

Bahan tambahan lainnya seperti tomat, terasi, kacang dan lain-lainnya bisa ditambahkan ke dalamnya tergantung dari jenis sambal yang akan dibuat. Tentunya, tergantung selera Anda juga.

Namun agar sambal ini terasa lebih nikmat dan aromatik, Anda sebaiknya menambahkan daun jeruk atau perasan air jeruk limau ke dalamnya. "Kalau mau lebih nikmat dan rasa segar sambalnya lebih kuat, sebaiknya tambahkan kulit jeruk limau ke dalamnya," tambah Sunarto.

Sebelum dicampurkan ke dalamnya, kulit jeruk ini harus diparut. Namun pastikan untuk memarut kulit jeruk ini hanya di bagian kulit terluarnya saja jangan memarut terlalu dalam. Jika terlalu dalam, maka sambal akan terasa pahit.

(Tribunjogja.com)

Editor: igy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help