Senin, 30 Maret 2015

Bagaimana Jika Orangtua Telat Bikin Akta Kelahiran?

Kamis, 13 Desember 2012 09:55 WIB


6285729656XXX


AKTA kelahiran adalah identitas yang wajib diberikan kepada siapapun termasuk anak. Oleh sebab itu, orangtua punya kewajiban mencatatkan kelahiran anak mereka yang dijamin dalam Undang-Undang Perlindungan Anak.

Perlu diketahui, orangtua wajib melaporkan kelahiran anak mereka sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dan sebaiknya tidak terlambat. Keterlambatan mengurus akta kelahiran malah akan merepotkan sang orangtua saat harus mengurus akta kelahiran anaknya dikemudian hari.

Menurut peraturan pemerintah tentang administrasi kependudukan, setiap kelahiran wajib dilaporkan kepada instansi pelaksana di tempat terjadinya peristiwa kelahiran, paling lambat 60 (enam puluh) hari sejak kelahiran.   

Di sana diatur pula persyaratan mendapatkan dokumen akta kelahiran yang dibagi menjadi dua. Persyaratan umum dan khusus. Persyaratan umum adalah syarat untuk memperoleh dokumen yang mana anak dicatatkan sesuai dengan peristiwa/tempat di mana dilahirkan pada kurun waktu 1-60 hari.

Sedangkan persyaratan khusus (terlambat), adalah syarat yang harus dipenuhi bagi orangtua atau pemohon untuk mencatatkan anak yang sudah terlambat dari peristiwa kelahiran saat anak pada kurun waktu 60 hari sampai dengan 1 tahun.

Sedangkan anak yang terlambat dibuatkan akta lebih dari satu tahun, maka orantua harus diminta menambahkan penetapan dari pengadilan negeri (PN) setempat. Anda bisa mendatangi pengadilan untuk minta prosedur permintaan penetapan.

Halaman1234
Penulis: iwe
Editor: wid
KOMENTAR

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas