• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 21 September 2014
Tribun Jogja

Kegiatan Budaya Tingkatkan Jumlah Wisatawan DIY

Selasa, 4 Desember 2012 13:35 WIB
Kegiatan Budaya Tingkatkan Jumlah Wisatawan DIY
Tribun Jogja/Mona Kriesdinar
Pagelaran kethoprak digelar di Gedung Societet, Taman Budaya Yogyakarta, belum lama ini.
TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Event budaya di kabupaten dan kota di DIY terbukti efektif meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Sebab itu, event serupa harus ditingkatkan jumlah maupun kualitasnya.

"Event budaya terbukti sangat berperan efektif meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara. Karenanya, itu harus selalu dijaga dan ditingkatkan kualitasnya," Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata DIY, Putu Kertiyasa, Selasa (4/12/2012).

Event budaya yang berperan sebagai lahan promosi pariwisata di DIY, katanya, berfungsi menjadikan masyarakat yang tidak tahu menjadi tahu objek wisata yang baru atau belum populer.

"Misalnya Gua Pindul di Kabupaten Gunung Kidul, tadinya jarang yang tahu. Namun, sekarang, menjadi banyak yang tahu karena dipromosikan lewat penyelenggaraan event budaya berupa atraksi wisata di lokasi setempat," tambahnya.

Putu mengatakan, selain menarik jumlah kunjungan, penambahan event budaya tersebut juga berpengaruh terhadap lama tinggal wisatawan di DIY.

Jumlah event budaya di masing-masing objek wisata di kabupaten dan Kota Yogyakarta, sambungnya, rata-rata dilakukan sebanyak 34 kali per tahun dan pada 2013 diupayakan ditingkatkan.

"Kami akan meningkatkan jumlah serta kualitas event budaya. Pada 2013, misalnya, sudah ada rencana event karnaval andong bersama para petani," papar Putu.

Staf Sub Bagian Program dan Informasi Dinas Pariwisata DIY, Diyatmiko, menyampaikan, jumlah wisatawan nusantara maupun mancanegara pada pada periode Januari-Juni 2012 meningkat signifikan dibandingkan dengan periode yang sama 2011.

Menurut statistik yang dihimpun Dinas Pariwisata DIY, jumlah wisatawan mancanegara pada periode Januari-Juni 2012 meningkat 33,56 persen, yaitu sebanyak 93.219 orang. Pada periode yang sama 2011, jumlahnya 69.798 orang.

Sementara untuk wisatawan nusantara, pada periode Januari-Juni 2012 meningkat 65,76 persen, yaitu sebanyak 1.097.922 orang. Pada periode yang sama 2011, jumlahnya hanya mencapai 662.339 orang.

(Tribunogja.com)
Editor: igy
Sumber: Antara
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
134354 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas