Rabu, 26 November 2014
Tribun Jogja

Ikut KB Steril Apa Bisa Hamil Lagi?

Selasa, 4 Desember 2012 10:41 WIB

TRIBUN, saya mau tanya. Apabila sudah menjalani KB steril bisa punya anak lagi, bagaimana caranya? Di mana bisa mendapatkan infonya.terima kasih.

6281915558XXX

PROGRAM Keluarga Berencana (KB) Steril pada dasarnya adalah kontrasepsi permanen yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang memang tidak ingin atau boleh memiliki anak sebab alasan kesehatan dan untuk mengurangi risiko kematian saat melahirkan karena faktor kesehatan risiko.

Dokter atau ahli kebidanan akan merekomendasikan KB steril pada wanita yang berisiko tinggi untuk hamil dan melahirkan lagi, misalnya karena beriwayat memiliki komplikasi penyakit tertentu serta umur yang membahayakan untuk hamil dan melahirkan.

KB Steril bisa dilakukan dengan dua cara memotong tuba falopi dan cara lain mengikat atau menjepit tuba falopi; yaitu saluran yang menghubungkan ovarium dengan uterus. Cara itu menyebabkan sel telur tidak dapat terjangkau sperma sehingga kemungkinan hamil kecil.

Anda bisa hamil lagi atau tidak tergantung menggunakan KB jenis yang mana. Jika hanya KB Steril ikat, kemungkinan hamil lagi ada. Sebaiknya anda mendatangi dokter kandungan/penyuluh KB/bidan/ untuk mengetahui secara detail mengenai KB Stril pada wanita. (*)

Kantor Dinas Keluarga Berencana Kota
Penulis: iwe
Editor: wid

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas