A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Kebangkitan Lembaga Legislatif Mahasiswa - Tribun Jogja
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 2 Agustus 2014
Tribun Jogja

Kebangkitan Lembaga Legislatif Mahasiswa

Kamis, 29 November 2012 14:29 WIB
Ahmad Solikin
Ketua Senat Mahasiswa KM UGM


PULUHAN mahasiswa mengikuti workshop legislatif di kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (17/11). Workshop di selenggarakan dari pukul 09.00 sampai pukul 16.30 WITA. Kegiatan ini diikuti seluruh elemen mahasiswa di kampus STKIP yang terdiri dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), BEM STKIP, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Acara dibuka dengan seminar bertemakan "Urgensi Legislatif Kampus" menghadirkan Saidan (Mantan Ketua BEM IAIN Antasari Banjarmasin) dan penulis sebagai pembicara. Selesai seminar, acara dilanjutkan workshop legislatif dengan materi legal drafting, teknik persidangan, dan sharing legislatif kampus.

Tujuan acara ini untuk membekali mahasiswa STKIP Banjarmasin membentuk lagi Lembaga Legislatif Mahasiswa yang sempat dibekukan birokrasi kampus belakangan ini. Kepanitiaan penyelenggara kegiatan ini merupakan anggota tim formatur pembentuk system student governance (pemerintahan mahasiswa).

Kampus STKIP Banjarmasin memiliki BEM (eksekutif), tetapi tak memiliki BLM (Badan Legislatif Mahasiswa). Padahal keberadaan BLM sangat dibutuhkan untuk melakukan check and balances terhadap BEM, membuat konstitusi pemerintahan mahasiswa, dan menyatukan elemen mahasiswa dalam format gerakan mahasiswa yang lebih efektif.

Adanya BEM, HMJ, dan UKM akan efektif kalau bersatu dalam pemerintahan mahasiswa dengan konstitusi bersama. Untuk bisa bersatu di bawah pemerintahan bersama, maka di butuhkan lembaga legislatif yang memegang fungsi kontrol.

Sehingga pemerintahan mahasiswa dengan BLM, BEM, HMJ, dan UKM dapat bersatu di bawah payung konstitusi bersama. Ibarat sebuah negara, pemerintahan mahasiswa adalah pemerintahan merdeka yang tak masuk dalam struktur birokrasi kampus. Sehingga reaksi pembekuan dari birokrasi kampus pun tidak akan berpengaruh jika student governance-nya kuat.

Mahasiswa juga dibekali materi legal drafting dan teknik persidangan yang merupakan menu dasar dari tugas lembaga legislatif mahasiswa. Bagaimana membuat Undang-Undang,dan bagaimana melalukan persidangan di kupas tuntas dengan uji coba persidangan semu oleh peserta. Hadirnya BLM STKIP, makin menambah perluasan anggota Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI).
Editor: igy
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas