Jumat, 28 November 2014
Tribun Jogja
Home » Yogya » Sleman

Peminat Miras Oplosan Meningkat

Selasa, 20 November 2012 21:52 WIB

Laporan Reporter Tribun Jogja, Chatarina Binarsih

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN
- Ribuan minuman keras (miras) dimusnahkan di halaman OPROOM Kabupaten Sleman atau di depan lapangan Pemda kabupaten Sleman Beran, Tridadi, Sleman, Selasa (20/11/2012). Barang tersebut merupakan bukti miras dalam kurun waktu operasi selama tahun 2012 ini.

Miras yang dimusnahkan ini terdiri atas 1.519 botol atau kaleng pabrikan, 119 botol miras ciu atau opolosan dan delapan drigen miras oplosan. Miras dimusnahkan dengan alat berat dengan digilas.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Sleman Joko Supriyanto mengatakan pemusnahan miras dalam rangka menegakan Razia ini Perda Miras No 8 tahun 2007 tentang pelarangan, penggunaan dan pembelian minuman beralkhol. Selain itu juga sebagai pemusnahan barang bukti dari operasi yang dilakukan oleh Sat Pol PP.

"Hingga pemusnahan miras ini, sudah dilaksanakan 12 operasi. Dari operasi tersebut sudah disidangkan sebanyak 18 orang dengan empat kali sidang," terang dia.

Menurut dia, saat ini jumlah miras pabrikan yang dimusnahkan, jumlahnya menurun dibandingkan tahun lalu. Sebab harga miras pabrikan naik signifikan. Sedangkan fenomena lain adalah miras opolsan atau ciu, yang harganya murah jutsru meningkat peminatnya.

Hingga saat ini, dari penjual miras yang disidangkan, tidak ada yang menjalani hukuman kurungan penjara. Mereka hanya memberi denda.

"Pada tahun ini denda paling kecil Rp 700 ribu dan paling besar Rp 2,5 juta. Untuk efek jeranya, itu dari hasil putusan sidang. Kami hanya melakukan razia," kata dia.(*)
Editor: wid

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas