A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Tips Menghapus Nama Anda dari Jagat Maya - Tribun Jogja
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
Kamis, 17 April 2014
Tribun Jogja

Tips Menghapus Nama Anda dari Jagat Maya

Minggu, 18 November 2012 23:25 WIB
TRIBUNJOGJA.COM - Disadari atau tidak, para pecandu internet bakal menyadari bahwa sebenarnya mereka mudah sekali ditemukan di internet. Coba saja, dengan cara mengetikan nama orang yang dicari lewat situs pencari raksasa Google.

Hasilnya, sederet informasi yang diperlukan akan terpampang jelas dari berbagai hasil yang berhasil dikumpulkan Google. Mulai dari alamat email, akun situs jejaring sosial, bahkan jika beruntung, anda pun bakal menemukan nomor kontak, alamat rumah, serta hasil lainnya yang berhubungan dengan nama orang yang dicari.

Tentu saja berbagai kemudahan yang diberikan teknologi digital bernama internet tersebut, bisa dimanfaatkan baik itu untuk tujuan positif maupun tujuan negatif. Satu di antaranya dimanfaatkan untuk melancarkan serangan cyber criminal hingga menyebarkan informasi maupun gambar–gambar yang tak senonoh. Nah, bagaimana jadinya jika Anda sendiri menjadi korbannya? Bagaimana jika foto–foto terlarang maupun informasi–informasi pribadi Anda tersebar di internet?

Jangan khawatir, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan identitas anda di internet bahkan untuk menghapus nama anda dari dunia maya secara permanen. Trik jitu yang berhasil dirangkum tim Lifehacker.com ini tentu akan sangat membantu bagi mereka yang menjadi korban pelecehan via internet.

Pertama, patut diketahui bahwa data–data dan informasi seseorang cukup mudah ditemukan lewat profil yang terpampang di akun jejaring sosial. Semisal Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+ dan dalam akun jejaring sosial lainnya yang diisi dengan informasi–informasi pribadi penggunanya.

Google biasanya memberikan hasil pencarian yang diperoleh pula dari informasi yang berasal dari situs jejaring sosial ini. Dengan demikian, lokasi inilah yang sebenarnya harus menjadi prioritas ketika ingin menghapus nama Anda dari dunia maya.

Caranya, jika hanya ingin menghapus hasil pencarian, Anda tinggal mengganti pengaturan profil menjadi private atau pribadi. Namun, jika anda menginginkan nama Anda hilang sama sekali, maka mau tidak mau harus menghapus akun Anda di beberapa situs jejaring sosial.

Berikut beberapa langkah untuk menghapus akun di situs jejaring sosial besar:

1. Facebook
Masuk ke pengaturan akun untuk menghapusnya. Pilih tombol “Hapus Akun Saya” atau “Delete My Account”. Cukup mudah, namun prosesnya cukup lama, bisa memakan waktu hingga 14 hari hingga data–data Anda benar–benar hilang. Patut diperhatikan, bahwa memilih cara ini akan membuat Anda benar–benar kehilangan profil, informasi dan semua data–data yang Anda miliki di Facebook.

2. Twitter
Cara yang sama bisa ditempuh pula untuk menghapus segala informasi yang ada di akun Twitter Anda. Masuk ke pengaturan akun, lantas pilih pada tombol ‘Deactive My Account”. Cara ini akan menghapus keseluruhan informasi di twitter.

3. LinkedIn
Untuk menghapus akun LinkedIn Anda, masuklah ke halaman pengaturan atau setting, lantas pilihlah ikon Account kemudian tekan pada tombol "close your account" link.

4. Google +
Proses yang cukup rumit akan ditemui ketika hendak menghapus akun Google + Anda. Lantaran akun ini terhubung dengan berbagai macam layanan yang disediakan Google. Meliputi fasilitas email, kalender, serta layanan virtual lainnya. Untuk menghapusnya, masuklah terlebih dahulu menggunakan akun gmail anda, untuk menuju halaman utama akun google. Kemudian pilihlah Close account and delete all services and info associated with it". Lantas pilih juga tombol "Delete Google+ content" untuk menghapus semua data yang terhubung dengan akun google Anda.

Cara lainnya untuk menghapus nama Anda dari internet, bisa ditempuh pula dengan cara mengirimkan surat permohonan penghapusan akun. Hal ini ditempuh lantaran nama Anda bisa saja masih ada di jaringan dunia maya bahkan setelah menghapus profil jejaring sosial. Semisal masih ada foto, artikel maupun data Anda yang terdaftar di website kantor Anda. Cobalah untuk mengirimkan email kepada pengelola website untuk meminta penghapusan data–data tersebut.

Hal lainnya yang patut diperhatikan yakni para pelaku kriminal ternyata masih bisa memanfaatkan penelusuran latar belakang informasi Anda. Untuk memastikannya, silakan cek nama Anda menggunakan beberapa fasilitas internet sebagai berikut;
1. Zabasearch
Situs ini digunakan untuk menelusuri alamat rumah serta nomor telepon.

2. Intelius
Ini merupakan website ampuh untuk menelusuri track record seseorang, alamat email, alamat rumah, situs jejaring sosial dan bahkan bisa digunakan untuk menelusuri catatan kriminal seseorang. Situs ini biasanya digunakan oleh perusahaan–perusahaan untuk menelusuri calon karyawan mereka. Namun, untuk memeroleh hasilnya, pengguna diharuskan membayar biaya pendaftaran situs berbayar ini.

3. Spokeo
Tak berbeda dengan Intelius, Spokeo juga merupakan situs pencari identitas berbayar. Namun biaya yang dibayarkan tampaknya sebanding dengan hasil yang nantinya akan diperoleh.

4. Pipl
Situs ini juga menyajikan layanan pencarian identitas yang terindeks di pencarian Google.
Beberapa langkah selanjutnya yang bisa ditempuh untuk menghilangkan identitas Anda di internet, bisa dengan menghapus seluruh alamat email yang terdaftar di forum maupun website yang sebelumnya anda ikuti. Cara menghapusnya dengan menghubungi moderator website tersebut lantaran setiap website biasanya memiliki peraturan sendiri–sendiri untuk menghapus akun Anda. (*)
Penulis: mon
Editor: wid
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
117544 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas