• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Jogja

Operasi Caesar Berulang Berisiko Komplikasi

Jumat, 2 November 2012 14:32 WIB
Operasi Caesar Berulang Berisiko Komplikasi
Net
Ilustrasi.
TRIBUNJOGJA.COM - Jika tanpa indikasi medis yang kuat, sebaiknya Anda pertimbangkan lagi keputusan melakukan proses operasi caesar. Melahirkan lewat bedah caesar berulang, terutama lebih dari tiga kali, meningkatkan risiko komplikasi persalinan dan kelahiran prematur.

Tim peneliti dari Inggris membandingkan 94 wanita yang sudah melakukan operasi caesar sampai lima kali atau lebih, dengan 175 wanita yang melahirkan lewat operasi caesar kurang lebih sedikit.

Wanita dari kelompok sering melakukan operasi caesar lebih rentan mengalami perdarahan sebelum, selama, dan setelah persalinan. Mereka juga berisiko tinggi mendapatkan transfusi darah, melahirkan bayi prematur, dan mendapat perawatan intensif.

Perdarahan obstetri mayor pada mereka yang melakukan operasi caesar cukup sering mencapai 18 persen dibandingkan dengan kelompok wanit lain yang hanya 0,6 persen. Risiko transfusi darah juga 17 persen lebih tinggi.

Sekitar 18 persen wanita dari kelompok sering mendapat operasi caesar didiagnosa kelainan plasenta seperti plasenta previa atau plasenta accerata. Akibatnya, mereka berisiko tinggi mengalami komplikasi dan separuh dari mereka mendapatkan tindakan pengangkatan rahim atau histerectomi.

"Operasi caesar berulang kali sebenarnya cukup jarang dialami dan kebanyakan yang melakukannya berhasil baik. Tetapi, tetap saja, risiko mereka untuk mengalami komplikasi persalinan dan bayi lahir prematur cukup tinggi," kata salah satu peneliti Dr Mandish Dhanjal.

Karena itu, baik ibu hamil atau dokter yang merawat memahami secara baik risiko komplikasi yang akan dihadapi dari operasi caesar berulang.

Setiap operasi, termasuk operasi caesar, memiliki risiko, sebagian bahkan mengancam nyawa. Sayangnya, belum ada penelitian yang menyebutkan berapa kali batas maksimum seorang wanita boleh melakukan operasi caesar. 

(Tribunjogja.com)
Editor: igy
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas