Minggu, 1 Februari 2015

Wow, Pistol Paintball Bisa Belokkan Asteroid

Minggu, 28 Oktober 2012 13:29 WIB

Wow, Pistol Paintball Bisa Belokkan Asteroid
Daily Mail

Dilansir Daily Mail, para peneliti percaya bahwa asteroid yang sangat pucat akan memantulkan sinar matahari dan memantulkan foton (partikel dasar dalam fenomena elektromagnetik) dari permukaannya yang dapat menghasilkan cukup kekuatan untuk mendorong asteroid tersebut keluar dari orbitnya.

Pada kenyataanya, asteroid terbuat dari batu gelap. Hal ini melatarbelakangi sebuah tim mengusulkan penggunaan suatu alat berbasis senjata paintball ruang ruang angkasa untuk melapisinya dengan cat putih.

Sung Wook Paek, seorang mahasiswa pascasarjana di MIT Departemen Aeronautics dan Astronautics, mengatakan jika waktunya tepat, peluru penuh bubuk cat yang diluncurkan dalam dua putaran dari pesawat ruang angkasa pada jarak yang relatif dekat, akan menutupi bagian depan dan belakang asteroid, lebih dari dua kali lipat reflektivitas, atau Albedo.
Energi potensial dari peluru ini tentu akan bertemu asteroid, dari waktu ke waktu, foton matahari akan membelokkan asteroid tersebut.

Makalah Paek yang merinci strategi tidak biasa ini memenangkan Move 2012 pada sebuah Asteroid Technical Paper Competition. Kompetisi ini disponsori oleh Dewan Penasehat PBB yang berkonsentrasi pada hal-hal ruang angkasa, dalam rangka mengumpulkan solusi-solusi kreatif untuk masalah-masalah yang berhubungan dengan ruang angkasa dari para mahasiswa dan profesional muda.

Paek mempresentasikan makalahnya bulan ini di International Astronautical Kongres di Naples, Italia. Tantangan yang diajukan oleh PBB kompetisi tahun ini adalah untuk mengidentifikasi solusi baru untuk membelokkan objek dekat Bumi, seperti asteroid, dengan aman.

Para ilmuwan sendiri sebenarnya telah mengusulkan berbagai metode untuk menghindari tabrakan dengan asteroid.

Beberapa proposal mengusulkan untuk meluncurkan proyektil atau pesawat ruang angkasa agar berbenturan dengan asteroid yang masuk. Badan Antariksa Eropa saat ini sedang menyelidiki misi semacam itu.

Halaman123
Editor: wid
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas