Minggu, 23 November 2014
Tribun Jogja

Bagaimana Cara Bikin Paspor di Yogya?

Sabtu, 20 Oktober 2012 07:43 WIB

TRIBUN yang kubanggakan, saya sudah tua, punya anak di Jakarta tapi kartu tanda penduduk (KTP) Jogja. Dia ingin buat paspor kalo di Yogya alamatnya mana dan apa syarat-syaratnya?

+6281381722XXX

KARTU tanda penduduk (KTP) luar Yogya bisa digunakan untuk memproses pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Klas I Yogyakarta dan tak harus membuat paspor di tempat asal.

Hanya saja ada pengecualian kasus yaitu, pemohon adalah calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan bekerja di luar negeri. Khusus untuk calon TKI harus membuat paspor sesuai dengan KTP asal.  Untuk mengurus pembuatan paspor silahkah datang ke Kantor Imigrasi DI Yogyakarta Kelas I Yogyakarta yang berada di Jalan Solo Km 10 Yogyakarta (Seputaran Bandara Adi Sucipto Yogyakarta) dengan membawa persyaratan standar antara lain: 

1. Kartu tanda penduduk (KTP) berserta fotokopi.
2. Kartu Keluarga sesuai dengan alamat KTP berserta fotokopi.
3. Akte Kelahiran, Ijazah Terakhir, Surat Nikah (bagi yang sudah nikah).
4. Surat pengantar, rekomendasi, perusahaan (jika bagian dari tugas sekolah/perusahaan).

Selanjutnya mengambil formulir pengajuan paspor di kantor imigrasi, mengisi formulir, dan formulir, dilanjutkan dengan melakukan foto biometrik dan pengambilan sidik jari. Total biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 255 ribu untuk buku paspordan biometrik.

Sugeng Haryadi
Kasi lantaskim Kantor Imigrasi Klas I Yogyakarta

(Tribunjogja.com)
Penulis: iwe
Editor: igy

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas