Kamis, 18 Desember 2014
Tribun Jogja

Apakah Operasi Laser Mata (Lasik) Terasa Sakit?

Selasa, 9 Oktober 2012 12:28 WIB

Apakah Operasi Laser Mata (Lasik) Terasa Sakit?
net
TRIBUN, saya Sugeng dari Sleman timur. Saya baca Tribun Jogja edisi 1 Oktober 2012 tentang penjelasan laser untuk mata. Yang ingin saya tanyakan, apakah benar operasi yang disebut Lasik tersebut tidak menimbulkan rasa sakit? Kira-kira, berapa biayanya? Terima kasih.

+6285743576XXX

LASIK atau Laser Assisted in Situ Keratomileusis merupakan salah satu prosedur bedah refraksi yang bertujuan memperbaiki tajam penglihatan seseorang dengan mengubah bentuk (membentuk kembali) kornea, sehingga sinar datang sejajar ke dalam bola mata, difokuskan tepat di retina dan tidak diperlukan lagi pemakaian kacamata maupun lensa kontak.

Operasi Lasik tidak menimbulkan rasa sakit yang ekstrem. Menurut keterangan Jogja Lasik Center Rumah Sakit (RS) Dr Yap, lebih sakit cabut gigi dibanding operasi Lasik.

Sebelum operasi, pasien pun dibius dalam bentuk tetes mata.

Untuk proses operasi, tidak berlangsung lama, sekitar 10-15 menit per mata. Jika ditotal, proses keseluruhan operasi dua mata lebih kurang 30 menit.

Dan 10 menit usai operasi, setelah dokter mengizinkan, pasien dapat bekerja lagi secara normal.

Berikut perhitungan biaya Lasik di RS Mata Dr YAP Yogyakarta per 15 Januari 2012:
1. Pemeriksaan awal yang terdiri dari orbsan, shrimet test ekstra panto & fenicol, konsul neuroopthalmology, camprimentri (dua kali), konsul retina, konsul subglaukoma (jika diperlukan), total biayanya Rp 658.800. Jika ada tindakan retina, setiap mata dihargai Rp 935.000.

2. Paket operasi (termasuk enam kali kontrol, sekali berobat, eye garter, sun glass, dan 1 CD operasi:
- Operasi satu mata Rp.   7.250.000.
- Operasi dua mata Rp. 14.250.000.

Biaya di atas belum termasuk obat saat kontrol.

Aziz
Jogja Lasik Center Dr Mata Yap 
Penulis: iwe
Editor: igy

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas