• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Tribun Jogja
Home » Jawa

KPU Temanggung Launching Pemilihan Bupati dan Wabup

Sabtu, 29 September 2012 10:45 WIB
KPU Temanggung Launching Pemilihan Bupati dan Wabup
Foto : M. Nur Huda
Ketua KPU Temanggung Sudjatmiko menyerahkan Maskot Pilkada Temanggung kepada Bupati Hasyim Affandi.
Laporan Reporter Tribun Jogja, M Nur Huda

TRIBUNJOGJA.COM, TEMANGGUNG -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung melaunching pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati (Wabup) periode 2013-2018 di Pendopo Pengayoman, Sabtu (29/9/2012).

Ketua KPU Temanggung, Sudjatmiko mengatakan, Pilbup dan Wabup akan dilaksanakan pada Minggu (26/5/2013) bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah.

"KPU sudah siap termasuk dana Rp 20,9 milyar dari Pemerintah Daerah yang dipersiapkan untuk dua kali putaran. Kemudian untuk pendaftaran KPPS dan lain-lain akan dimulai bulan November, sementara khusus untuk pensaftaran pasangan calon dimulai bulan Februari 2013," katanya.

Ia mengatakan, pencalonan pasangan Bupati dan Wakil Bupati selain melalui jalur partai, juga memungkinkan melalui jalur perseorangan. Untuk jalur partai minimal harus didukung tujuh kursi hasil Pemilu Legeslatif 2008 atau 61.424 suara. Sedangkan jalur perseorangan minimal didukung sebanyak 32.968 suara dibuktikan dengan KTP.

Saat ini, kata Sudjatmiko, langkah yang segera dilakukan adalah melakukan pendataan calon pemilih tetap, agar nantinya dapat tersusun dengan baik.

"Kami berharap dalam proses persiapan hingga pelaksanannya nantinya dapat didukung semua stakeholders, termasuk tokoh masyarakat dan para pemilik hak suara," tandasnya.

Ketua KPU Jateng, M Fajar Subchi A.K Arif mengatakan, dalam pelaksanaan Pilkada ini selain di Temanggung juga bersamaan dengan Pilbub dan Wabub Kudus serta Pilgub Jateng.

"Dan untuk pelantikan bagi calon terpilih, nantinya disesuaikan dengan akhir jabatan Kepala Daerah masing-masing," ujarnya.(*)
Penulis: had
Editor: tea
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
64674 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas