Senin, 22 Desember 2014
Tribun Jogja

Apa Itu Harta Gono-Gini?

Selasa, 25 September 2012 17:01 WIB

ASSALAMUALLAIKUM, Tribun Jogja. Saya mau tanya, apa yang disebut dengan harta gono-gini? Apakah harta yang dibawa kedua belah pihak sebelum menikah termasuk gono gini? Terima kasih. Dari Paidi di Pundong, Bantul.

+6287738854xxx

HARTA gono-gini atau harta bersama adalah harta benda atau hasil kekayaan yang diperoleh selama berlangsungnya perkawinan. Meskipun harta tersebut diperoleh dari hasil kerja suami saja, misalnya, istri tetap memiliki hak atas harta bersama. Jadi, harta bersama meliputi harta yang diperoleh dari usaha suami dan istri berdua atau usaha salah satu dari mereka. Dengan kata lain, baik suami maupun istri mempunyai hak dan kewajiban yang sama atas harta bersama.  Dan segala tindakan hukum atas harta bersama, harus mendapat persetujuan kedua belah pihak.

Harta bersama dapat berupa benda berwujud, benda tidak berwujud (hak dan kewajiban), benda bergerak, benda tidak bergerak, dan surat-surat berharga. Sepanjang tidak diatur lain dalam perjanjian perkawinan, apabila terjadi perceraian, maka masing-masing pihak istri maupun suami berhak atas separuh (seperdua) dari harta bersama.

Menurut hukum perkawinan yang berlaku, yakni Undang-Undang No 1 tahun 1974 tentang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam, harta kekayaan yang dimiliki sebelum perkawinan (harta bawaan) tidak termasuk dalam harta bersama, kecuali ditentukan lain dalam perjanjian perkawinan. Dengan demikian, pada dasarnya, harta bawaan suami tetap menjadi milik suami dan harta bawaan istri tetap menjadi milik istri. Selain itu, mahar, warisan, hadiah, dan hibah yang didapat selama perkawinan bukanlah harta bersama.

Panitera Muda Gugatan
Pengadilan Agama Kabupaten Sleman

Penulis: igy

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas