• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Jogja
Home » Jawa

Jatilan Kuda Lumping Jangan Dilecehkan!

Selasa, 18 September 2012 08:47 WIB
Jatilan Kuda Lumping Jangan Dilecehkan!
foto : Obed Doni Ardiyanto
Seniman Klaten yang mewakili para seniman yang menggelar aksi damai di Kantor Pemkab Klaten, Selasa (18/9/2012).
Laporan Reporter Tribun Jogja, Obed Doni Ardiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN
- Seniman Jatilan Jateng membentangkan spanduk yang cukup besar, bertuliskan "Lestarikanlah Seni Tradisional Jatilan Kuda Lumping. Jangan Dilecehkan!" Kalimat terakhir tersebut menegaskan teriakan para seniman terhadap kesenian bangsa Indonesia yang direndahkan.

"Kami merasa sakit hati dan merasa dilecehkan, ketika seorang Pejabat Pemerintah menilai seni Jatilan Kuda Lumpinh sebagai seni terjelek di dunia," ucap Bambang Saptono, seniman Klaten yang mewakili para seniman yang menggelar aksi damai di Kantor Pemkab Klaten, Selasa (18/9/2012).

Aksi protes karena merasa dilecehkan tersebut, diwujudkan para seniman dengan menggelar pertunjukan Jatilan Kuda Lumping di halaman Kantor Pemda Klaten. Mereka ingin meminta Pemkab Klaten ikut melestarikan kebudayaan tersebut.

"Untuk itu kami seniman Jatilan Kuda Lumping memohon Bapak Bupati Klaten agar berkenan melindungi dan mendukung pelestarian maupun pengembangan seni Jatilan Kuda Lumping," imbuhnya.

Sekitar 40 seniman tampil dalam pertunjukan tersebut, dengan didukung oleh 60-an seniman lain yang memegang poster kecil yang menggambarkan rasa tidak terima dilecehkan oleh seorang pemimpin. (*)
Penulis: oda
Editor: tea
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
54564 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas