Senin, 22 Desember 2014
Tribun Jogja
Home » Jawa

Harga Salak Pondoh Melambung

Kamis, 6 September 2012 16:32 WIB

Harga Salak Pondoh Melambung
foto : Internet
Salak pondoh

Laporan Reporter Tribun Jogja Singgih Wahyu Nugraha

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG
– Harga buah salak berbagai jenis di pasaran Kabupaten Magelang kini meroket hingga dua kali lipat dari harga normalnya. Kenaikan harga salak pun bervariasi. Normalnya, harga salak jenis pondoh ataupun nglumut berkisar Rp 3 ribu per kilogramnya. Namun, beberapa waktu ini mencapai Rp 6.500.

Kenaikan harga diperkirakan dipicu oleh musim kemarau panjang yang sedang menerpa. Sehingga, banyak pohon salak yang tidak dapat berbuah secara maksimal.

Menurut seorang petani salak di kecamatan Srumbung, Salis, kenaikan harga tersebut sudah terjadi sejak sebelum lebaran lalu. Selain karena pengaruh musim, kenaikan harga salak menurutnya juga dikarenakan erupsi Merapi beberapa waktu lalu. Abu yang menghujani wilayah Magelang dan sekitarnya membuat pohon salak tidak dapat berkembang secara sehat.

"Pohon salak yang kena abu saat hampir masa panen tiba, otomatis dinyatakan gagal panen. Harus menunggu berbunga lagi untuk bisa dipanen. Padahal musim panen salak biasanya 5 bulan sekali,” bebernya, Kamis (6/9/2012). (*)
Penulis: ing
Editor: tea

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas