A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Apa Itu Penyakit Hipertiroid? - Tribun Jogja
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
Rabu, 23 April 2014
Tribun Jogja

Apa Itu Penyakit Hipertiroid?

Kamis, 6 September 2012 10:25 WIB
TRIBUN, bisa dijelaskan tentang penyakit hipertiroid? Apa penyebab dan akibat dari penyakit tersebut? Terima kasih.

Budi di Yogya,  +6285727200xxx

HIPERTIROID
adalah peningkatan hormon tiroid dalam darah. Gejala yang dirasakan antara lain rasa gemetar jari-jari tangan, tubuh lemas, jantung berdebar cepat, berkeringat banyak walaupun berada dalam suhu yang dingin, badan semakin kurus walaupun porsi makan banyak, serta pada keadaan lebih lanjut disertai diare. Di daerah leher, terkadang disertai pembesaran kelenjar gondok.

Beberapa penyebab hipertiroid antara lain adanya grave dalam autoimun, pengeluaran abnormal Thyroid Stimulating Hormon, peradangan kelenjar tiroid, asupan yodium yang berlebihan, kanker pituitari, dan pemakaian obat-obatan seperti amiodarone.

Hipertiroid ditandai oleh beberapa gejala, meski pada pasien berhiperteroid ringan tidak ada gejala. Pada pasien usia lebih dari 70 tahun, tanda dan gejala khas kemungkinan juga tidak ada. Pada umumnya, gejala-gejala menjadi lebih jelas ketika derajat hipertiroid meningkat. Pada wanita, hiperteroid ditandai oleh kurangnya konsentrasi dan gangguan haid yang tidak teratur.

Hiperteroid bisa mengakibatkan keguguran, lahir mati, cacat bawaan, hingga kematian bayi. Dampaknya bagi anak-anak, remaja, dan orang dewasa antara lain terhambatnya pertumbuhan, gondok, kerusakan fungsi mental, dan lebih rentan terkena radiasi nuklir.

Tersedia beberapa jenis pengobatan untuk hipertiroid. Dokter memiliki resep untuk obat antitiroid dan iodium radioaktif guna memperlambat produksi hormon tiroksin. Kadang, diperlukan tindakan bedah untuk mengangkat sebagian kelenjar tiroid. Jika diabaikan, kondisi hipertiroid bisa berakibat fatal. Namun demikian, kebanyakan orang dengan hipertiroid merespon pengobatan secara baik.

Jika Anda mengalami gejala hipertiroid, sebaiknya segera ke dokter dan menjelaskan semua tanda yang dialami. Dokter bisa jadi akan meminta Anda melakukan tes darah sebagai langkah awal diagnosis, dan selanjutnya-dapat ditentukan pengobatan yang tepat.

Poli Endokrin RSUP Dr Sardjito
Penulis: igy
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
52865 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas