Senin, 22 Desember 2014
Tribun Jogja

Tips Bedakan Jam Tangan Asli dan Tiruan

Selasa, 28 Agustus 2012 10:09 WIB

Tips Bedakan Jam Tangan Asli dan Tiruan
NET
Jam Tangan Rolex
Laporan Reporter Tribun Jogja, Ekasanti A

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA, –
Semua produk yang bernilai ekonomis tak lepas dari kriminalitas dan pembajakan. Begitu pula dengan produk jam tangan berbagai merk yang beredar di pasaran. Agar tidak tertipu, sebaiknya teliti dan pahami betul mana produk asli dan mana produk KW (tiruan).

Berikut beberapa tips untuk membedakannya :

1. Kenali merek dan serinya. Jangan terkecoh dengan promo super murah.

Jam tangan original semisal Tag Hauer, Rolex, Luminox dan berbagai merek papan atas lainnya biasanya dibandrol dengan harga sangat mahal bahkan hingga puluhan juta. Jadi jangan tertipu dengan promo-promo super murah yang tidak realistis misalnya saja jam tangan Tag Heuer seri Monaco hanya Rp 150 ribu.

2. Angka serial.

 Jam tangan mewah asli memiliki nomor serial di atasnya. Pastikan jam tangan Anda memiliki nomor ini ketika membeli.

3. Pelajari modelnya

Situs resmi biasanya menawarkan data lengkap, termasuk foto produk dari berbagai sisi. Beberapa jam tangan yang mahal bahkan dipertontonkan dalam format tiga dimensi. Pelajari setiap detil termasuk jarum, rantai dan tombolnya. Jam kw biasanya tidak menduplikasi setiap detil yang ada, kecuali replika yang dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

4. Logo dan merek.

 Untuk menghindari masalah, beberapa produsen produk replika mencetak logo yang sedikit berlainan, atau merek yang salah eja. Pastikan Anda memperhatikan dengan seksama sebelum membayar.

5. Dokumen keabsahan.

Terutama bila situs resmi menjanjikan dokumen tersebut, pastikan Anda mendapatkannya ketika membeli.

6. Bahan / materi.

Jam tangan asli kebanyakan berbobot lebih dari replika karena materi yang dipergunakan berkualitas dibandingkan bahan yang lebih murah.

7. Jangka hidup.


Merek mahal biasanya memproduksi jam tangan agar dapat bertahan puluhan tahun, bahkan seumur hidup. Setidaknya sepuluh tahun untuk produk kelas middle end. Jam replika biasanya dijual tanpa garansi dan dapat bertahan maksimal dua sampai tiga tahun. Hal ini wajar mengingat cara produksi yang kualitas materinya.

8. Distributor.

Jika memungkinkan, beli jam tangan original hanya dari agen resmi. Situs web merek terkenal biasanya memiliki daftar toko-toko resmi di seluruh dunia. (TRIBUNJOGJA.COM)
Penulis: esa
Editor: iwe

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas