A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Saat Lebaran Kue Pelok Banyak Dicari Pemudik - Tribun Jogja
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
Kamis, 24 April 2014
Tribun Jogja
Home » Jawa

Saat Lebaran Kue Pelok Banyak Dicari Pemudik

Jumat, 24 Agustus 2012 11:40 WIB
Saat Lebaran Kue Pelok Banyak Dicari Pemudik
Foto : Internet
Kue Pelok
Laporan Reporter Tribun Jogja, Singgih Wahyu Nugraha

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG -
Cemilan satu ini bisa dibilang sebagai sajian khas lebaran di Magelang. Kue tradisional berbentuk menyerupai isi buah mangga ini memang kerap muncul saat momen lebaran. Cocok sekali diborong untuk oleh-oleh saat mudik.

Kue pelok, nama penganan satu ini memang terbilang unik dan lucu. Disebut demikian karena bentuknya menyerupai pelok atau isi buah mangga. Produsen makanan ringan ini bisa ditemui di perkampungan Soropaten, kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Hampir sebagian besar warga di desa tersebut sibuk membuat kue pelok saat lebaran tiba.
Diungkapkan seorang pembuat kue pelok, Afifah (45), kue ini sudah lama muncul sejak puluhan tahun yang lalu. Bahkan diakuinya, ia mendapatkan ilmu pembuatan kue pelok secara turun temurun dari neneknya. Bermula dari sering membantu membuat kue, ia akhirnya semakin mahir membuat kue pelok sendiri.

Menurut Afifah, tidak terlalu rumit sebenarnya untuk membuat kue pelok. Bahan bakunya pun terbilang standar, seperti terigu, gula, telur dan panili. Semua bahan itu dicampurkan dan dikocok. Dari adonan tersebut kemudian dicetak dengan menggunakan tangan dan dimasukkan ke dalam sewajan minyak goreng panas.

“Kami tidak menggunakan bahan-bahan kimia. Untuk pemanis juga menggunakan gula asli,”ucap Afifah.

Lebaran kali ini, Afifah mengaku sudah menjual lebih dari 2 kuintal kue pelok. Dari para pelanggan tersebut, kue pelok ada yang dijual lagi ada pula yang dikonsumsi sendiri. Biasanya Afifah hanya menerima pesanan dari beberapa pelanggan yang sudah lama dia kenal. Permintaan pasar untuk kue pelok ini memang terbilang tinggi pada saat lebaran, tak hanya sebelum lebaran tapi juga beberapa hari setelahnya. “Biasanya orang-orang beliu kue pelok untuk oleh-oleh dari pulang mudik. Saat musim haji pun juga kebanjiran pesanan,” bebernya.

Selain kue pelok, Afifah juga membuat aneka kudapan lainnya. Seperti rangin, semprong dan widaran. Dalam produksinya, ia kerap dibantu oleh para santri dari pondok pesantren milik kakaknya. Selain membantu memproduksi kue, para santri juga ada yang meminta diajari membuatnya. “Santri-santri ini yang minta dilatih untuk membuat kue. Saya sendiri senang karena santri ini mempunyai bakat tidak hanya belajar ilmu agama saja,”jelasnya.

Seorang pelanggan kue pelok milik Afifah bernama Sri Kartini (46) mengaku kerap memborong kue pelok saat lebaran untuk cemilan tamu yang bersilaturahmi di rumahnya. Menurutnya, karakter rasa kue pelok manis dan sedikit gurih namun lembut di lidah. Selain dikonsumsi sendiri, ia juga kerap menjual kue pelok di berbagai pameran. Menurutnya, kue pelok memang jadi makanan favorit dan khas saat lebaran. “Saya belum lama berjualan makanan lebaran, termasuk kue pelok. Yang pesan kue pelok bisa dibilang lumayan banyak,” akunya.(ing)
Penulis: ing
Editor: tea
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
51617 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas