Sabtu, 22 November 2014
Tribun Jogja
Home » Jawa

Keteb Pass Masih Dibanjiri Wisatawan

Jumat, 24 Agustus 2012 11:20 WIB

Keteb Pass Masih Dibanjiri Wisatawan
Foto : Singgih Wahyu Nugraha
Keteb Pass Theatre di Magelang
Laporan Reporter Tribun Jogja, Singgih Wahyu Nugraha

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG –
Hingga H+4 libur lebaran 2012 kemarin (23/8/2012), ribuan wisatawan masih memadati obyek wisata Ketep Pass di kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Pengunjung dari berbagai daerah di luar Magelang masih membanjiri obyek wisata pegunungan tersebut meski hari kerja sudah dimulai sejak Kamis kemarin. Pantauan Tribun Jogja, kendaraan roda empat dan roda dua bernomor polisi luar daerah masih mendominasi kunjungan di Ketep, seperti plat B, D, F, BG, BM, dan lainnya.

Kepala Bagian Operasional, Badan Pengelola Obyek Wisata Ketep Pass, Sudarmanto, memperkirakan keramaian pengunjung masih akan terus belangsung hingga Minggu (26/8/2012). Puncak kepadatan pengunjung sendiri dikatakannya sudah terjadi pada Rabu (23/8/2012) kemarin yang mencapai 6 ribuan pengunjung.

“Jumlah pengunjung terus naik sejak H+1 hingga mencapai 6 ribu wisatawan. Hingga kemarin, kendaraan yang masuk masih didominasi dari luar kota, seperti Tangerang, Jakarta, Riau, dan Palembang. Perkiraan kami, hari ini hingga Minggu nanti masih ada sekitar 5 ribuan pengunjung yang akan datang setiap harinya,” ujarnya, kemarin (23/8/2012).

Pada libur lebaran kali ini, pihaknya menargetkan angka pengunjung mencapai 35 ribu wisatawan hingga akhir pekan nanti. Dikatakan Sudarmanto, tidak ada kenaikan harga tiket masuk dibanding hari-hari biasa. Untuk masuk ke area obyek wisata dan museum, pengunjung tetap dikenakan tarif biasa sebesar Rp. 7.300 dan Rp. 7 ribu untuk menonton di Volcano Theatre.

Pemandangan alam serta sejuknya udara di sekitar Gunung Merapi dan Merbabu menurut Sudarmanto masih menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Ketep Pass. Selain itu, pihaknya juga telah melengkapi Volcano Theatre denga film terbaru tentang erupsi Merapi 2010 lalu. “Para wisatawan umumnya penasaran ingin menyaksikan pemutaran film dokumenter erupsi Merapi yang terakhir itu,” katanya.

Hal itu dibenarkan seorang wisatawan asal Jakarta bernama Pratiwi. Dirinya mengaku ingin melihat bagaimana gunung api teraktif di Indonesia itu mengeluarkan laharnya. Menurut Tiwi, menonton film tersebut di Ketep tentu suasananya jadi lebih terasa dibanding hanya menyaksikan di layar televisi. “Penasaran aja gimana pas erupsi. Apalagi ini kan lokasinya deket dengan Gunung Merapi, jadi lebih seru aja nontonnya,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magelang, Drs. Dian Setia Dharma memperkirakan angka kunjungan sejumlah tempat wisata di Kabupaten Magelang mengalami peningkatan tajam selama libur lebaran ini. Tidak tanggung-tanggung, pihaknya memprediksikan peningkatan pengunjung hingga tiga kali lipat dari hari biasa.

“Kami perkirakan jumlah wisatawan naik tiga kali lipat selama lebaran. Titik-titik pusat keramaian antara lain Candi Borobudur, Gardu Pandang Ketep Pass, dan juga pusat perbelanjaan seperti Armada Town Square,” katanya.

Dian mengatakan, sesuai pengalaman tahun- tahun sebelumnya, objek wisata akan mengalami peningkatan tiga hari Lebaran (H+3) hingga sepuluh hari Lebaran (H+10). Apalagi, untuk destinasi wisata seperti Ketep Pass atau Kedung Kayang dan desa wisata di sekitarnya biasanya masih terasa ramai sampai satu minggu lebih.(ing)
Penulis: ing
Editor: tea

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas