Senin, 22 Desember 2014
Tribun Jogja

Inilah Polwan Cantik RTMC Ditlantas Polda DIY

Kamis, 16 Agustus 2012 23:54 WIB

Inilah Polwan Cantik RTMC Ditlantas Polda DIY
TRIBUNJOGJA/Yoseph Hary W
Briptu Eta Setya Anggota Lantas Polda DIY
Laporan Reporter Tribun Jogja, Yoseph Hary W

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA -
Menjadi polisi wanita adalah cita-cita Briptu Eta Setya sejak kecil. Namun sebagai polisi sekaligus menjadi presenter merupakan hal baru.

Inilah tugas baru polisi wanita kelahiran 29 Oktober 1988 itu. Sebagai salah satu dari enam polisi wanita yang bertugas menyiarkan laporan kondisi arus lalu lintas di wilayah DIY selama lebaran, Briptu Eta mengaku harus selalu siap setiap saat.

Persiapan mulai dari berlatih berbicara di depan kamera, sampai latihan cepat tanggap atas kondisi faktual di lapangan. Dengan memonitor 15 titik rawan macet, antara lain di Jalan Abu Bakar Ali, Pos Teteg Kereta Api (KA) Malioboro, Kantor Pos Besar, dia lalu melaporkan secara lisan. Tugasnya bersama lima temannya itu dilakukan dua kali per hari selama lebaran, disiarkan stasiun televisi di Yogyakarta (Jogja TV), yaitu pukul 13.00 dan 16.00.

Menurut lulusan sekolah polisi wanita Ciputat ini, kunci kelancaran tugasnya adalah persiapan matang, terutama kerelaan melayani masyarakat. Dia mengaku saat tampil di depan kamera masih sering nervous.

Pengalaman pertama di moment lebaran ini menjadi kesempatannya belajar lebih banyak hal mengenai pengaturan lalu lintas, sekaligus menjadi presenter yang handal.

"Senang bisa ikut melayani masyarakat. Makanya tidak pikir panjang, saya mau dan menyiapkan sebaik mungkin agar tidak nervous terus," ujar perempuan asli Wonosari itu saat ditemui usai melaporkan pantauan kondisi arus lalu lintas wilayah perbatasan DIY, di ruang RTMC Ditlantas Polda DIY, Kamis (16/8/2012).

Pemilik hobi membaca buku dan situs berita online ini pun tampak selalu sibuk. Pasalnya, dengan tanggungjawabnya meng-update informasi arus lalu lintas, dia tidak bolah jauh-jauh dari monitor siaran yang ditangkap 15 kamera CCTV (closed circuit television) di 15 titik di DIY. Rencananya, dia akan bertugas sebagai presenter hingga 26 Agustus 2012. (*)
Penulis: ose
Editor: iwe

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas