Selasa, 23 Desember 2014
Tribun Jogja
Home » Jawa

Malam Takbiran, Pemkab Kebumen Gelar Lomba Bedug

Rabu, 15 Agustus 2012 15:56 WIB

Malam Takbiran, Pemkab Kebumen Gelar Lomba Bedug
Antara Foto
Ilustrasi lomba bedug
Laporan Reporter Tribun Jogja Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, KEBUMEN
- Pemkab Kebumen akan menggelar Lomba Tabuh Bedug. Acara akan berlangsung pada malam 1 Syawal 1433 H atau Sabtu malam (18/8/2012) pukul 19.00, di alun-alun Kebumen. Rencananya Bupati Kebumen H Buyar winarso, SE akan hadir untuk membuka lomba.

Kabag  Kesra Setda Kebumen Siti Nuriatun Fauziyah,S.Ag,M.Si melalui Kasubag Kesejahteraan Sosial Marlan SH mengatakan, selain sebagai bentuk syiar dan dakwah islamiah, Lomba Tabuh Bedug juga sebagai bentuk penyambutan Hari Kemenangan dan upaya mendongkrak kreativitas seni dan lantunan takbir.

Tujuan lain diadakannya Lomba tabuh Bedhug  adalah memeriahkan peringatan HUT ke-67 Proklamasi RI , yang kebetulan berada pada bulan Ramadan. "Lomba Bedug sekaligus juga sebagai upaya pengalihan massa, sehingga kondisi di jalanan bisa lebih tertib. Untuk itu pada tahun ini takbir keliling ditiadakan," ungkap Marlan melalui rilis yang diterima Tribun Jogja, Rabu (15/8/2012).

Lebih lanjut disampaikan Lomba bedug  akan diikuti  oleh perwakilan dari 26 kecamatan, dengan  jumlah per regu masing-masing 10 orang.  Adapun kriteria penilaian mencakup  aspek kreativitas, penampilan, kekompakan  atau kebersamaan, lagu serta lafal.

Penampilan  peserta akan dinilai oleh tim juri yang beranggotakan 5 orang yakni dari Dinas Dikpora, Dinas Parbud, Bagian Kesra, Takmir Masjid Agung  serta  dari Kementrian Agama.  Bagi pemenang I akan mendapatkan uang pembinaan  sebesar Rp 2 juta,juara II Rp 1,5 juta,dan juara III mendapatkan Rp 1 juta rupiah. selain itu mereka juga  akan mendapatkan  pila tetap  dari Bupati dan pila bergilir. (*)
Penulis: toa

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas