Rabu, 26 November 2014
Tribun Jogja
Home » Yogya » Bantul

Paket Wisata Belajar Membatik di Giriloyo Diminati wisatawan

Senin, 13 Agustus 2012 11:00 WIB

Paket Wisata Belajar Membatik di Giriloyo Diminati wisatawan
Foto : Wawan H. Prabowo / Kompas
Membatik telah menjadi tradisi turun-temurun yang hingga kini masih banyak ditekuni oleh para ibu rumah tangga, sebagaimana yang ditemui di Dusun Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta, Rabu (30/9). Setelah wayang dan keris, batik akhirnya mendapat pengakuan dari Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB, UNESCO, sebagai warisan budaya milik Indonesia di dunia, yang akan ditetapkan besok (2/10/2009).
TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sentra kerajinan batik tulis Giriloyo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga saat ini menjadi tujuan wisatawan belajar membatik. Hal tersebut diungkapkan Ketua Paguyuban Perajin Batik Tulis Giriloyo Nur Ahmadi.

"Paket wisata belajar membatik yang dijual kepada wisatawan banyak digemari, selain berbelanja produk kerajinan di Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY," kata Nur Ahmadi, Senin (13/8/2012).

Ia menyatakan optimistis mampu menjual paket wisata belajar  batik Giriloyo sebagai bagian paket wisata kunjungan ke objek wisata tersebut. Pihaknya menyediakan dua paket wisata yang ditawarkan, yakni paket I jelajah desa dan paket II jelajah desa serta belajar membatik.

"Dalam paket I jelajah desa, wisatawan diajak menjelajahi kawasan Desa  Giriloyo, sedangkan paket II jelajah  desa dan belajar membatik, wisatawan diajak menjelajahi desa sekaligus  belajar membatik," katanya.

Menurut dia, jumlah peserta yang akan mengikuti  paket wisata sentra batik Giriloyo minimal 10 orang dan maksimal 50 orang. Ia mengatakan, khusus paket II para peserta diajak belajar membatik yang dipandu perajin batik, sedangkan karya mereka akan  menjadi milik peserta.

"Paket wisata sentra batik Giriloyo juga mengajak wisatawan menjelajahi kawasan tersebut untuk melihat pemandangan alam dan kegiatan para perajin batik," katanya.

Selain itu, wisatawan juga ditawarkan melihat rumah tradisional dan makam raja-raja Mataram  di puncak Bukit Imogiri. Peserta jelajah desa juga dapat menikmati makanan tradisional  dusun tersebut, yaitu pecel kembang turi dan wedang uwuh.

"Peserta jelajah desa dalam paket wisata kampung batik Giriloyo dapat menikmati  makanan dan minuman khas sambil  menunggu hasil karya  belajar membatik diproses dengan pewarna dan siap dibawa pulang," katanya.

Ia mengatakan, Giriloyo adalah satu dusun di wilayah Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Provinsi  DIY, terletak sekitar 17 kilometer selatan Kota Yogyakarta. (*)

 
Editor: tea
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas