• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribun Jogja
Home » Yogya » Bantul

Jam Istiwak Tua Ini Masih Disimpan di Masjid Sabilurrosyad

Senin, 13 Agustus 2012 21:41 WIB
Jam Istiwak Tua Ini Masih Disimpan di Masjid Sabilurrosyad
TRIBUNJOGJA.COM/YUDHA KRISTIAWAN
Jam istiwak di Masjid Sabilurrosyad Dusun Kauman, Wijirejo, Pandak, Bantul
Laporan Reporter Tribun Jogja, Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL
- Tidak banyak masjid yang masih mempunyai jam istiwak atau jam matahari yang dulunya adalah alat penunjuk waktu salat, sebelum dikenal jam modern seperti saat ini.

Adalah di Masjid Sabilurrosyad Dusun Kauman, Wijirejo, Pandak, Bantul yang masih bisa kita temui wujud dari jam matahari ini. Jam tersbut terlihat masih berfungsi.

"Meskipun jamnya sendiri masih berfungsi, namun sudah tidak digunakan lagi, terakhir mungkin sudah 30 an tahun yang lalu," ujar salah satu takmir masjid, Nur Jauzak

Pada jam ini sendiri masih tertera jelas tahun pembuatannya yaitu pada tahun 1950, bertuliskan 'Tandjung Sari Windusari Magelang'. Mengenai kepastian semenjak kapan jam ini berada disini belum ada yang bisa memastikan.

"Seingat saya waktu kecil, ketika membangunkan orang sahur, saya bilang, sak meniko sampun jam tigo waktu istiwak (sekarang pukul tiga waktu istiwak. Red). Pastinya kapan kami juga tidak tahu jam ini berada disini," ungkap Nur.

Lanjutnya, seingatnya cara menyetel jam tersebut adalah saat matahari tepat diatas kepala, atau kalau jam modern menandakan pukul 12.00 WIB.

"Rata-rata selisihnya 15 menitan. Misalnya jam modern pukul 13.00 WIB, jam istiwak menunjukkan pukul 12.45," katanya.

Jam Istiwak sendiri memiliki bentuk setengah lingkaran, pada bagian atas ada jarum penunjuk bayang seperti paku, kemudian bayangan paku tersebut akan menunjuk pada angka-angka yang tertera di bagian yang melengkung. Angka 1,2,3 seterusnya tepat berada dibagian depan.

Kelemahan jam ini adalah ketika sinar matahari lemah akibat terhalang mendung, maka mengakibatkan bayangan jarum tidak bisa terlihat jelas.(*)
Penulis: yud
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
50853 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas