Minggu, 23 November 2014
Tribun Jogja

Johan Jual Kue Kering Lebaran

Jumat, 3 Agustus 2012 21:54 WIB

Laporan Reporter Tribun Jogja, Joko Widiyarso

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL -
Setelah menjalani bisnis ternak burung kenari, jiwa enterpreneur Johan Manaji kian terasah. Di bulan Ramadan tahun ini, ia juga melirik bisnis musiman yang sangat marak yakni jualan kue Lebaran.

Seperti halnya saat menjalani bisnis burung kenari, ia juga tidak setengah-setengah dalam berjualan kue kering khas Idul Fitri. Meski tak bertindak sebagai produsen pertama, ia tetap optimistis dengan menjadi penjual tangan kedua.

"Saya ambil semua kue-kue kering dari Bandung. Saya punya teman di sana yang memproduksinya. Jadi saya tinggal mengambil saya semua kue yang ada. Ada banyak kue, dari nastar, putri salju, kacang, coklat, dan lain-lain," terangnya.

Berjualan kue kering memang hanya dilakukan setahun sekali. Tapi sebagai orang yang punya jiwa dagang, ia tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari setiap peluang usaha yang ada.

"Memang intinya bagaimana saya bisa melihat peluang dan memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menghasilkan uang. Apalagi kalau jualan kue kering lebih kecil risikonya. Saya ambil sekali kuenya dari Bandung. Tapi baru nanti bayar setelah Lebaran. Itu pun saya bisa mengembalikan kue yang tidak habis terjual," jelasnya.

Yang dilakukan Johan tak hanya sebagai usaha mempersiapkan masa depan, tapi juga menjadi pengisi waktu saat tidak beraktivitas di lapangan. Terlebih saat ini tim masih diliburkan hingga waktu yang belum ditentukan.

"Sambil menunggu gaji turun, saya kan punya kesibukan dengan ternak burung kenari dan jualan kue kering. Untung saja saya masih ada sisa tabungan untuk modal bisnis. Biarpun mepet, tapi akhirnya cukup untuk buka usaha," katanya.(*)
Penulis: wid
Editor: iwe

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas