Komunitas Levitasi Hore Jogja

Levitasi, Fotografi untuk Bersenang-senang

Foto levitasi ini berbeda dengan teknik jump shot, levitasi dilakukan oleh model yang melompat dan berpose sehingga seolah-olah ia tampak melayang.

Levitasi, Fotografi untuk Bersenang-senang
Istimewa
Hasil foto levitasi
PERNAHKAH mendegar istilah levitasi? Nama ini kini semakin populer terutama di kalangan pecinta fotografi. Levitasi adalah teknik fotografi yang membuat sesuatu atau seseorang tampak seolah-olah melayang tanpa menggunakan alat bantu.

Foto levitasi ini berbeda dengan teknik jump shot, levitasi dilakukan oleh model yang melompat dan berpose sehingga seolah-olah ia tampak melayang. Sedangkan teknik jump shot objeknya memang terlihat melompat bukan melayang.

Di Yogyakarta kini ada sekumpulan insan-insan kreatif yang kemudian membentuk komunitas levitasi. Komunitas yang bernama Levitasi Hore Jogja ini adalah regional dari induk komunitas yaitu Levitasi Hore pusat di Jakarta.

Komunitas ini awal dibentuknya dari twitter, kemudian mengumpulkan orang-orang yang memiliki passion yang sama, dan mengadakan kopdar. Siapapun yang mempunyai ketertarikan dengan fotografi levitasi, baik sebagai fotografer, maupun sebagai model bisa saja bergabung dengan komunitas ini.

Levitasi Hore Jogja yang mempunyai akun @LevitasiHoreJGJ ini resmi berdiri pada 2 April 2012. Karena penggemar levitasi dari kota lain, khususnya Yogyakarta tidak mungkin mengikuti setiap saat kegiatan di Jakarta, maka Afrizal Hosen berinisiatif mendirikan Levitasi Hore Region Jogja.

Setelah dibentuk, Afrizal dan beberapa temannya termasuk Aan Faizin dan Yuda Rasyadian mengadakan kumpul-kumpul untuk pertama kalinya bersama di Benteng Vrederburg.

Levitasi Hore adalah komunitas yang tidak terlalu serius hanya membahas teknis fotografi. Mereka lebih mengutamakan bagaimana bisa saling berbagi bagaimana cara membuat foto levitasi dengan fun. "Karena Hore adalah fun, artinya sama dengan bersenang-senang," ungkap Afrizal.

Hingga kini, yang aktif dan antusias membuat foto levitasi, dan mengikuti kopdar dan photowalk sekitar 30-50 orang. Latar belakang anggota komunitas ini juga beragam, ada yang dari siswa SD, SMP, SMA, mahasiswa, dosen, pekerja, freelance fotografer, dan sebagainya.

Ada dua kegiatan rutin yang mereka adakan setiap bulan. Yang pertama #kopdar di markas mereka yang terletak di Amor Cafe, Gang Wora-wari, Jalan Affandi, Gejayan. Di kopdar ini, para anggota bisa sharing tentang ide-ide, tehniki, dan konsep levitasi. Selain itu juga bisa sharing tentang kamera dan peralatanya, informasi tempat, model, dan lain sebagainya.

Yang kedua adalah Photowalk, kegiatan hunting bersama para anggota. Kegiatan ini diadakan di tempat yang berbeda-beda setiap bulannya. "Kami juga menggandeng komunitas lain untuk photowalk, selain menjalin keakraban dengan mereka, juga sekaligus mempromosikan fotografi Levitasi," ujar Afrizal.

Menurutnya, yang harus diperhatikan ketika membuat levitasi adalah arah kaki ketika melompat, untuk terlihat melayang natural, sebaiknya kaki hanya dilipat sekitar 45 derajat kebelakang, selain itu ekspresi muka, tangan dan anggota tubuh lainnya harus se-natural mungkin dan tetap seperti melakukan aktifitas yg sedang dilakukan.

Fotografi levitasi dapat diaplikasikan dengan konsep apapun, dengan kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Cukup dengan ketertarikan dengan levitasi untuk bergabung dengan komunitas ini. Follow twitter mereka di @LevitasiHoreJGJ, dan silakan datang ketika kopdar ataupun photowalk, dan submit foto ke www.levitasihore.net apabila sudah berhasil membuat foto levitasinya.

Afrizal mengatakan bahwa semua orang bisa melakukan teknik foto ini, meskipun hanya berbekal kamera ponsel, dan siapapun bisa jadi model foto levitasi asal tahu triknya.

Yang membedakan Levitasi Hore Jogja dengan komunitas levitasi region lainnya terletak pada visinya, yaitu membuat foto levitasi yang bertema "Jogja". "Jadi bukan sekedar foto levitasi, tetapi sambil mengangkat tempat wisata, budaya, tradisi, yang hanya ada di Jogja," ujarnya.
Kedepannya, komunitas ini ingin membuat pameran karya-karya foto levitasi dari anggotanya. "Kami juga ingin suatu saat bisa menginvasi regional lain untuk mengadakan photowalk bersama," kata Afrizal. (rap)

Contact:
Twitter : @LevitasiHoreJGJ
Facebook: LevitasiHore Jogja
Facebook Group : LevitasiHoreJGJ
Website : www.levitasihore.net
Basecamp: Amor café, Jalan Affandi (gejayan), gang wora-wari (083840709087) twitter : @AMORcafe_
CP:
Afrizal Hosen 087837922777
Ikhsan 083168131069

Penulis: rap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved