Rabu, 28 Januari 2015

Beli Elang Bido untuk Diserahkan ke Taman Satwa

Rabu, 11 Juli 2012 22:50 WIB

Beli Elang Bido untuk Diserahkan ke Taman Satwa
TRIBUNJOGJA.COM/HARY SUMAYANTI
Arif menyerahkan Elang Bido ke Taman Satwa Yogyakarta

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO -- Prihatin dengan perdagangan satwa dilindungi, Arif Rohmatullah (20) rela membeli anak elang jenis Elang Ular Bido (Spirolnis Cheela) dari salah satu forum yang terdapat di media internet.

Anak elang yang berumur sekitar dua bulan tersebut kemudian dipeliharanya hingga berusia lebih kurang delapan bulan.

Ia memelihara anak elang tersebut bukan untuk dijadikan hewan peliharaan, namun suatu saat nanti dirinya ingin mengembalikan satwa yang dilindungi tersebut kembali kealam.

Namun karena keterbatasan pengetahuan dalam melatih elang, akhirnya ia memilih menyerahkannya ke Taman Satwa Yogyakarta. Rabu(11/7) siang, warga Desa Pulosari, Kecamatan Kebak Keramat, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini rela menempuh ratusan kilometer untuk menyerahkannya kepada yayasan yang fokus dalam perlindungan satwa di Yogyakarta.

“Saya prihatin dengan maraknya jual-beli satwa dilindungi dalam forum di internet. Saat itu saya membeli anak elang tersebut seharga sekitar Rp 500 ribu. Saya ingin mengembalikan elang tersebut ke alam liar,’katanya saat ditemui di Taman Satwa Yogyakarta.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya Malang ini mengaku tindakannya membeli elang di salah satu forum di internet tersebut merupakan salah satu upaya dalam menggalakkan gerakan stop perdagangan satwa liar yang dilindungi.

Melalui tindakan nyata ini dirinya ingin menyadarkan kepada para pelaku perdagangan liar hewan yang dilindungi sehingga tidak lagi mengulanginya.

Halaman123
Penulis: has
Editor: iwe
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas