• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Jogja

Tahun Ini, DIY Targetkan 1,8 Juta Kunjungan Wisatawan

Rabu, 4 Juli 2012 17:59 WIB
Tahun Ini, DIY Targetkan 1,8 Juta Kunjungan Wisatawan
TRIBUNJOGJA.COM/HASAN SAKRI GOZALI
Kepadatan lalulintas di Jalan Malioboro, Yogyakarta saat liburan.
Laporan Reporter Tribun Jogja, Hendy Kurniawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA
- Provinsi DIY merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisawatan lokal maupun mancanegara. Terlebih dengan adanya musim liburan tengah tahun, dipastikan jumlah wisawatan yang berkunjung akan melonjak dari hari biasanya.

Namun, Pemprov DIY tidak terlalu muluk menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan untuk tahun 2012. Tak lebih dari lima persen dari tingkat kunjungan tahun 2011.

"Tahun 2012 diperkirakan kunjungan wisatawan di DIY mencapai 1. 881.011 orang. Naik sekitar lima persen dibandingkan tahun lalu," urai Kepala Dinas Pariwisata DIY, M Tazbir, Selasa (4/7/2012).

Dari data RPJMD 2009-2013, total jumlah kunjungan wisatawan tahun 2011 mencapai 1.710.910 orang. Masih didominasi wisatawan domestik dengan 1.538.765 disusul wisatawan mancanegara dengan 171.765 orang.

Ditambahkan Tazbir, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan sudah dapat dilihat mulai sekarang. Indikasinya adalah okupansi hotel meningkat dan tingginya kendaraan luar DIY yang masuk ke wilayah kota.

"Kenyamanan bagi pengunjung tetap harus menjadi perhatian utama," imbuhnya.

Ditanya mengenai bus pariwisata yang sering masuk ke jalur-jalur kecil, ia mengaku sudah sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan dan Kepolisian untuk mengaturnya. Agar tidak menimbulkan kemacetan atau kepadatan arus lalu lintas.

"Memang ini menjadi kendala. Apalagi minimnya lahan parkir yang tersedia di sekitaran Malioboro akan menambah sesaknya arus lalu lintas," tandas Tazbir.

Namun, kondisi ini tidak akan berjalan lama. Menjelang bulan Ramadhan dipastikan kondisi Yogya dan DIY secara keseluruhan akan menjadi lengang. Sebab, wisawatan domestik memilih tinggal di rumah daripada berwisata ke luar kota.

"Dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, kondisi Yogya relatif sepi. Biasanya yang berkunjung hanya wisatawan mancanegara, jumlahnya pun terhitung tidak banyak," pungkas Tazbir. (*)
Penulis: hdy
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas