• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Tribun Jogja

Bagaimana Cara Anak Hasil Nikah Siri Punya Akta Lahir?

Senin, 2 Juli 2012 20:54 WIB
Bagaimana Cara Anak Hasil Nikah Siri Punya Akta Lahir?
foto : Yudha Kristiawan
Ilustrasi anak-anak
TRIBUN, saya punya masalah. Saya punya cucu yang sekarang berumur empat tahun lebih. Tapi, hingga kini, ia belum memiliki akta kelahiran. Dahulu, orangtuanya menikah siri karena masih di bawah umur. Setelah anak lahir, beberapa tahun kemudian, orangtua anak tersebut baru menikah secara resmi. Pertanyaan saya, apakah cucu saya bisa mendapatkan akta kelahiran dengan mencamtumkan nama kedua orangtuanya?  Terima kasih.

+6281804176xxx

MENURUT UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, siapapun berhak atas kepemilikan akta kelahiran, baik mereka yang berstatus hasil perkawinan sah, hasil perkawinan siri, maupun temuan atau adopsi.

Untuk mengurus akta kelahiran anak hasil pernikahan siri, Anda harus terlebih dahulu mengajukan permohonan kepada Pengadilan Negeri setempat. Karena anak tersebut lahir sebelum perkawinan kedua orangtuanya dicatat, harus ada pengakuan bahwa anak tersebut diakui oleh ayahnya sebagai anak kandung.

Berdasarkan penetapan tersebut, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat akan mencatat dan mengeluarkan akta kelahiran, dengan mencantumkan keterangan bahwa ia lahir dari seorang perempuan bernama X dengan seorang lelaki bernama Y yang diakui.

Menurut Undang-Undang No 23 tahun 2006, seharusnya akta kelahiran anak dibuat maksimal 60 hari setelah kelahiran. Mengingat usianya sudah empat tahun lebih, untuk mendapatkan akta kelahiran anak, Anda haruskan mengajukan Penetapan Kelahiran Terlambat ke Pengadilan Negeri.

Proses pembuatannya, Anda harus datang ke Disdukcapil sesuai tempat tinggal, dengan membawa syarat-syarat sebagai berikut:

1. Surat kelahiran asli.
2. Khusus untuk wilayah Yogyakarta, anak tersebut harus dimasukkan dulu ke KK ibu.
3.Surat Pernyataan yang menerangkan bahwa anak tersebut dilahirkan oleh seorang ibu tertentu yang disahkan oleh RT dan RW.
4. KK ibu.
5. KTP ibu.
5. Dua saksi yang berusia minimal 20 tahun.

Seksi Pelayanan Akta Kelahiran dan Kematian
Disdukcapil Kota Yogyakarta
Penulis: igy
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
46446 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas