• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 22 September 2014
Tribun Jogja

Jenis-jenis Anjing yang Dipelihara Polisi

Sabtu, 9 Juni 2012 20:24 WIB
TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Anjing yang digunakan Polri seluruhnya berasal dari luar negeri. Alasannya anjing-anjing impor tersebut lebih baik IQ (intelligence quotient) dan kompetensinya dibandingkan anjing-anjing lokal.

"Kita gunakan anjing dari luar negeri semuanya, tidak ada yang lokal," kata Wakil Direktur Polisi Satwa, Baharkam Polri Kombes Pol Handrianto Basuno di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (9/6/2012).

Handrianto pun mengungkapkan bahwa anjing-anjing dari ras luar negeri memiliki IQ dan kompetensi yang bagus sehingga bisa dilatih untuk mendukung tugas-tugas kepolisian.

"Sementara anjing lokal masih susah, itu kenyataannya," ujarnya.

Jenis anjingnya pun bervariasi, ada German Shepherds, Rottweilers, Doberman Pinsher, Belgian Malinois, Weimaraner, Biggel, dan Foxterrier. Dalam waktu dekat Direktorat Polisi Satwa pun akan mendatangkan 35 anjing.

"Saat ini jumlah anjing yang ada di Ditpolsatwa (Mabes Polri) ada 141 ekor dan di Polda-Polda ada 547 itu dari Papua sampai Medan, itulah kira-kira K-9 (anjing) untuk membantu tugas polri," ujarnya.

Menyikapi enam ekor anjing Rottwailer yang diberikan dari komunitas Pittbull Indonesia, Handrianto mengungkapkan bahwa bantuan dari masyarakat tersebut tentu akan ditampung pihaknya. Sebelum dilatih, anjing-anjing tersebut akan dilihat dahulu kesehatannya dan kemampuannya.

"Menerima hibah pun kita tidak sembarangan, kalau yang tadi itu kita latih untuk Dalmas saja, karena sudah di umumkan itu untuk anjing Dalmas," jelasnya. (*)
Editor: iwe
Sumber: Tribunnews
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
44097 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas