• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribun Jogja

Bagaimana Cara Mengurus Mutasi SIM?

Jumat, 1 Juni 2012 11:32 WIB
Bagaimana Cara Mengurus Mutasi SIM?
ciber.AG7
Ilustrasi Surat Ijin Mengemudi
TRIBUN, mohon Informasi mengenai prosedur mutasi SIM A atau C dari Jawa Timur ke Kota Yogyakarta. Karena SIM hilang, saya harus mencari surat kehilangan di Yogya atau Jawa Timur? Sekarang, saya sudah menjadi warga Kota Yogyakarta. Terima kasih.

+6281804867xxx

Jawaban : Prosedur mutasi SIM bisa dilakukan apabila Anda telah memiliki KTP  domisili baru. Anda mengaku sudah menjadi warga Kota Yogyakarta. Artinya, Anda juga sudah memiliki KTP domisili baru.

Selanjutnya, Anda bisa mengurus mutasi dari Satpas Polres sesuai domisili saat Anda masih di Jawa Timur ke Satpas Polresta Yogyakarta. Prosedurnya sebagai berikut:

1. Anda datang ke Satpas Polres  sesuai domisili saat Anda masih di Jawa Timur dan sampaikan ke loket pendaftaran/mutasi bahwa SIM akan dipindahkan ke Satpas Polresta Yogyakarta. Tunjukkan SIM yang akan dipindahkan beserta KTP Kota Yogyakarta. Setelahnya, Anda akan diberi surat pengantar/keterangan mutasi SIM.

2. Setelah mendapat surat keterangan dari Satpas Polres sesuai domisili saat Anda masih di Jawa Timur, Anda ke Satpas Polresta Yogyakarta untuk mendaftarkan SIM untuk diproses lebih lanjut.

Untuk mencari surat kehilangan, tentu harus disesuaikan dengan lokasi hilangnya SIM. Demikian penjelasan yang Anda perlukan. Semoga bermanfaat. (igy)

Kompol Vero Aria R SIK
Kepala Seksi SIM
Ditlantas Polda DIY
Penulis: igy
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
43160 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas