AAU Gelar Seminar Nasional Pertahanan

Bersama elemen generasi muda sipil yang sangat peduli dengan pertahanan Negara yaitu Lembaga Kajian Pertahanan untuk Kedaulatan NKRI “KERIS”

AAU Gelar Seminar Nasional Pertahanan
Pen AAU
TANAM POHON - Gubernur AAU, Marsekal Muda TNI Bambang Samoedro S. Sos, secara simbolis menanam sebatang pohon dalam acara gerakan menanam dan merawat pohon di Mako AAU Yogyakarta, Senin (3/10).
Laporan Reporter Tribun Jogja, Theresia Andayani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Akademi Angkatan Udara sebagai lembaga pendidikan pembentuk calon pemimpin Bangsa menyadari arti penting dari kepentingan nasional dalam rangka menyelenggarakan pertahanan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bersamaan dengan rangkaian memperingati Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-65 Tahun 2012, Akademi Angkatan Udara dan Ikatan Alumni Akademi Angkatan Udara Tahun 2001 (PAMUNGKAS) AAU 2001.

Bersama elemen generasi muda sipil yang sangat peduli dengan pertahanan Negara yaitu Lembaga Kajian Pertahanan untuk Kedaulatan NKRI “KERIS”, Lembaga Mahasiswa Filsafat (LMF) Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada dan Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan sebuah Seminar Nasional Pertahanan yang bertemakan “Konsep Pertahanan Negara Kepulauan Dalam Menghadapi Peperangan Asimetris”. Kegiatan akan berlangsung pada Sabtu, 2 Juni jam 08.00-16.00 di Gedung Sabang Merauke Akademi Angkatan Udara, jalan Laksda Adi Sutjipto Kesatrian AAU Yogyakarta.

Turut hadir dalam seminar, Panglima KODAM V / Diponegoro, Mayjen TNI Muhlim Asyrof yang akan memimpin diskusi panel I bertemakan "Kondisi Keamanan Wilayah Jawa Tengah dan DIY terkait Ancaman Asimetris". Sementara Panglima Armada RI kawasan Timur, Laksamana Muda TNI Agung Pramono akan membawakan materi tentang Kondisi Keamanan Laut Indonesia. Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional, Marsda TNI JFP Sitompul juga akan memberikan materi tentang Kondisi Keamanan Ruang Udara Indonesia terkait Ancaman Asimetris.

Pada diskusi panel II, Sekretaris Jenderal Kementrian Pertahanan RI, Marsekal Madya TNI Eris Herryanto akan memberikan materi tentang Kebijakan, Strategi dan Penyiapan Pertahanan Indonesia dalam mengatasi Ancaman Asimetris. Selain pemateri di atas, seminar ini juga akan mengundang Gubernur DIY, Sri Sultan HB X sebagai penyampai keynote dengan tema Implementasi Visi Indonesia sebagai Negara Kepulauan.

Untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini,peserta hanya dibebani biaya Rp 25 ribu untuk pelajar, Rp 50 ribu untuk mahasiswa dan Rp 100 ribu untuk umum. Adapun Ketua OSIS dan Pradana Ambalan Pramuka SMA/SMK/MA, dapat mengakses seminar ini dengan gratis. Fasilitas seminar meliputi seminar kit, materi seminar, coffee break dan makan siang. (*)

Penulis: gya
Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved