• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 23 September 2014
Tribun Jogja

Gaya Korea Style Idola Anak Muda

Kamis, 3 Mei 2012 06:35 WIB
Gaya Korea Style Idola Anak Muda
foto : Internet
Gaya baju korean style
Laporan Reporter Tribun Jogja, Theresia Andayani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA
- Demam korea style semakin menjadi di Indonesia. Lihat saja anak muda di Indonesia menggunakan model baju terbaru dengan gaya korea atau Korean style. Hal ini tak lepas dari peran invasi artis, band, serta grup musik Korea di kalangan anak muda Indonesia. Keunikan gaya dalam berbusana menginspirasi pecinta fashion di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Negara Korea sekarang menjadi salah satu negara acuan fashion di Asia selain Jepang. Gaya layering atau baju bertumpuk, tabrak motif dan warna, serta inovasi dan kreatifitas dalam padu padan baju serta aksesoris memang terlihat menarik dan enak dipandang. Hal ini juga didukung dengan banyaknya designer asal Korea yang berkancah di dunia Internasional dan mendapatkan appresiasi dari masyarakat dunia.

Jika kamu ingin tampil bergaya ala Korea, caranya cukup mudah, tapi kalian harus pede atau percaya diri dan berani memadupadankan warna dan motif. Atau bisa saja menumpuk pakaian untuk bergaya. Referensi untuk bergaya ala korea sekarang sudah banyak di majalah atau pun di Internet.

Model baju terbaru korea pun selalu update dan memiliki banyak pilihan yang membuat kamu terlihat ceria dan lebih semangat. Jangan lupa tambahkan aksesoris yang membuat tampilanmu lebih keren.

Korea Style mulai masuk di Indonesia pada awal tahun 90-an Jepang style masuk ke Indonesia, salah satunya melalui serial televisi berjudul Tokyo Love Story. Sepuluh tahun kemudian, berubah menjadi demam Taiwan dengan grup boyband F4 sebagai salah satu ikonnya dan serial televisi Meteor Garden.

Kini, seiring semakin kuatnya penjualan produk elektronik perusahaan asal korea seperti Samsung dan LG, anak muda pun heboh dengan gaya Korea, mulai dari cara berpakaian, tatanan rambut, hingga gaya musik.

Korean Style, istilah yang digunakan oleh banyak anak muda hingga artis yang mendaptasi gaya orang Korea. Gaya berbusana dan musik Indonesia saat ini memang sedang berkiblat ke sana. Hal ini terlihat jelas dari banyaknya boyband dan girlband bermunculan dengan gaya busana, tarian, dan musik mirip dengan gaya Korea.

Cara berpakaian orang Korea pada dasarnya sama seperti orang-orang di Asia seperti Thailand, Hongkong, Singapura dan Indonesia. Namun, mereka lebih berani bereksplorasi, mirip gaya harajuku di Jepang.

Salah satu contoh, perempuan di Indonesia belum banyak yang menggunakan stocking setinggi paha, di Korea justru sebaliknya. Bagi mereka stocking tipis, setinggi paha, atau bahkan kaos kaki lucu merupakan item wajib dalam berpakaian. Untuk acara resmi, mereka juga memiliki gaya tersendiri. Anak muda Korea selalu menggabungkan jas dengan kaus oblong atau dalaman yang sekiranya terlihat serasi dengan jas yang digunakan.

Untuk keseharian, mereka biasanya mengenakan pakaian sesuai dengan musim. Uniknya, meskipun menggunakan bawahan yang agak terbuka tapi hampir semua cewek Korea memakai atasan yang tertutup dengan cardigan atau mini blazer.

Banyak orang masih mengira gaya Korea hampir sama dengan Taiwan, gaya busana yang sebelumnya juga banyak ditiru anak muda di Indonesia. Beberapa orang juga menganggap gaya musik mereka hampir sama dengan banyaknya boyband dan boygirl seperti di negara tetangganya, Taiwan.

Resti Indah Pravianti, Ketua Energy Fans Club Indonesia dan pengurus beberapa fans club band asal Taiwan di Indonesia mengatakan gaya Korea dan Taiwan berbeda, walaupun sekilas terlihat sama.

“Gaya artis kedua negara tersebut sebenarnya jauh berbeda. Perbandingan terlihat pada artis pria Korea yang cenderung lebih gemulai dan cantik dibandingkan dengan artis pria asal Taiwan,” ujarnya baru-baru ini.

Pengurus fans club F4, Jolin, Rainie yang, JJ Lin, dan Toro ini menambahkan penggemar Jepang dan Taiwan biasanya tetap setia dan jarang menjadi penggemar Korea. Kebanyakan malah tidak suka.

Dia menjelaskan hal ini karena musik Korea banyak memainkan kembali lagu-lagu, musik, dan film atau serial televisi drama Jepang.

Dibantu promosi

Resti menjelaskan demam Korea tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di negara Asia lainnya seperti Singapura, Malaysia, China, bahkan hingga Taiwan. Hal ini terjadi karena pemerintah mereka juga sangat mendukung kegiatan promosi tentang Korea.

“Pemerintahnya bantu promosi gila-gilaaan hingga sekarang ibu rumah tangga menjadi penggemar drama Korea dan anak muda menyukai musiknya, termasuk grup lokal yang bergaya Korea,” ujarnya.

Demam Korea sebenarnya sudah mulai masuk sekitar 7 tahun lalu, tetapi baru menjadi booming setelah didukung penuh pemerintahnya tiga tahun lalu. Pemerintah Korea Selatan melakukan promosi gila-gilaan di semua negara Asia.

Korea Selatan juga membuka kesempatan bagi anak muda untuk meneruskan edukasinya di Korea. Tersedia juga peluang memperoleh beasiswa yang disediakan oleh pemerintah negara tersebut. (*)
Penulis: tea
Editor: tea
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
40769 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas