• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 24 September 2014
Tribun Jogja
Home » Jawa

BPBD Jateng Beri Pelatihan Pra Bencana di Kemalang

Rabu, 18 April 2012 12:12 WIB
BPBD Jateng Beri Pelatihan Pra Bencana di Kemalang
internet
Logo BPBD
Laporan Wartawan Tribun Jogja, Obed Doni Ardiyanto

TRIBUNJOGJA.COM
, KLATEN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mengelar pemaparan dan pelatihan pencegahan dan kesiapsiagaan bencana di kawasan lereng Merapi. Kegiatan itu dilakukan sejak kemarin, Selasa (17/4/2012), hingga Rabu (18/4/2012), di Balai Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang.

"Kegiatan ini dalam rangka pencegahan kesiapsiagaan penanganan bencana. Sidorejo merupakan kawasan rawan bencana (KRB) sehingga perlu lebih waspada. Daerah yang rawan berarti rentan dan memiliki resiko, karena itu kesiapan pra bencana perlu disiapkan," jelas Kasi Pencegahan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jateng, Cecep Purnawadi, di lokasi, Rabu (18/4/2012).

Dalam kegiatan tersebut para peserta juga diberikan simulasi untuk melatih analisis kajian resiko. "Nanti akan dilakukan diatas meja oleh petugas. Simulasi ini digunakan untuk melatih analisa resiko kerawanan," tambahnya.

Sedangka Sekeretaris Desa Sidorejo, Gator Winarso, mengaku kegiatan tersebut sangat membantu warganya yang berada di kawasan rawan Merapi. Pasalnya, selama ini warga belum pernah mendapatkan pengetahuan tentang kegunungapian dan dapat bertanya langsung kepada pihak yang berkompeten.

"Saya kira tidak hanya saya. Pasalnya, masyarakat memang butuh. Kalau dari BPBD memang belum pernah, namun dari tim relawan bencana sudah pernah dilakukan," ucapnya.

Peserta yang mengikuti pemaparan dan pelatihan itu sekitar 75 orang. Warga yang ikut berasal dari lima desa, yaitu Desa Balerante, Sidorejo, Panggang, Tegalrejo, dan Kendalsari. (TRIBUNJOGJA.COM)
Penulis: oda
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
39631 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas