• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
Kamis, 17 April 2014
Tribun Jogja

Barca Terpaut Tiga Angka dari Madrid

Minggu, 8 April 2012 13:32 WIB
Barca Terpaut Tiga Angka dari Madrid
AP Photo/Manu Fernandez
Lionel Messi
TRIBUNJOGJA.COM,ZARAGOZA - Barcelona terus memberikan tekanan kepada Real Madrid di puncak klasemen sementara Liga BBVA setelah berhasil meraih kemenangan 4-1 atas Real Zaragoza dalam laga Liga BBVA, Sabtu atau Minggu (8/4/2012) dini hari WIB. Barcelona kini duduk di peringkat kedua dengan 75 poin, atau kalah tiga angka dari Madrid.

Di menit-menit awal, kedua tim bermain ketat, karena saling melancarkan serangan yang cukup membahayakan barisan pertahanan masing-masing. Barcelona tampil langsung menekan. Sedangkan, Zaragoza lebih memanfaatkan serangan balik yang cukup cepat dari sisi sayap.

Barcelona lebih dulu mendapat peluang pada menit ke-18 melalui Lionel Messi. Namun, tendangan pemain Argentina tersebut masih belum menemui sasaran karena melebar di sisi kanan gawang kiper Roberto Gago.

Enam menit berselang, giliran Zaragoza yang mendapat peluang emas setelah wasit menunjuk titik putih karena Valdes menjatuhkan Ángel Lafita di kotak terlarang. Akan tetapi, Valdes membayar kesalahannya tersebut dengan mengeblok tendangan penalti yang diambil oleh Aranda.

Barcelona yang mengincar kemenangan untuk terus menempel Real Madrid di posisi puncak, harus kebobolan lebih dulu berkat gol Aranda pada menit ke-30. Mendapat umpan terobosan dari Pablo Álvarez, Aranda yang lolos offside melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Bola sempat ditepis kiper Victor Valdes. Akan tetapi Aranda mampu menyundul bola tersebut yang akhirnya masuk ke dalam gawang.

Keunggulan Zaragoza itu tidak bertahan lama. Pada menit ke-36, Carles Puyol berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Ia mencetak gol dengan tendangan kaki kiri, memanfaatkan bola hasil tendangan sudut Cesc Fabregas yang tidak diantisipasi dengan baik oleh kiper Roberto Gago.

Tiga menit berselang, Lionel Messi membuat pendukung tuan rumah terdiam setelah mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1 setelah mencetak gol pada menit ke-39. Berawal dari serangan balik yang cepat, Alexis Sánchez  melepaskan umpan terarah ke Messi. Tanpa ampun, Messi melepaskan tendangan terarah ke pojok kiri gawang yang tak mampu dihalau kiper Gago.

Zaragoza berusaha membalas pada menit ke-40 melalui Aranda. Sayang, bola tendangannya masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Barcelona.

Selepas turun minum, Zaragoza terus berusaha untuk menyamakan kedudukan. Pada menit ke-50, Aranda mendapat kesempatan. Namun, usahanya itu belum membuahkan hasil karena bola tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Barcelona.

Unggul jumlah pemain setelah gelandang Zaragoza, Abraham Minero dikartu merah wasit, Barcelona mampu menguasai jalannya pertandingan dan menciptakan sejumlah peluang di babak kedua. Salah satunya adalah peluang yang didapat Sánchez pada menit ke-63, yang mampu ditepis kiper Gago.

Empat menit menjelang akhir pertandingan, Barcelona mampu menambah keunggulan menjadi melalui titik putih setelah bek Zaragoza melanggar Sanchez di kotak penalti. Messi yang menjadi algojo tidak membuang kesempatan itu untuk mencetak gol keduanya.

Unggul 3-1, Barcelona tidak lantas mengendurkan serangan. Pada injury time, Pedro kembali menambah gol sekaligus memantapkan kemenangan tim asuhan Pep Guardiola tersebut  menjadi 4-1.

Sepanjang 90 menit, Barcelona menguasai bola sebanyak 77 persen dan menciptakan enam peluang emas dari 12 usaha. Adapun Zaragoza melepaskan empat tembakan akurat dari 13 percobaan. (*)
Editor: iwe
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
38802 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
berita POPULER

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: side/populer.php

    Line Number: 19

A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas