• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribun Jogja
Home » Jawa

Prosesi Jalan Salib Gunung Gandul Khidmat

Jumat, 6 April 2012 13:13 WIB
Prosesi Jalan Salib Gunung Gandul Khidmat
Tribun Jogja/Ikrob Didik
Ribuan umat katolik mengikuti Jalan Salib di Gunung Gandul, Wonogiri. Prosesi itu merupakan serangkaian Jumat Agung memperingati Paskah
Laporan Reporter Tribun Jogja, Ikrob Didik Irawan

TRIBUNJOGJA.COM
, WONOGIRI - Ribuan umat Katolik dari Wonogiri dan sekitarnya mengikuti prosesi Jalan Salib, Jumat (6/4/2012). Ritual itu merupakan serangkaian Jumat Agung peringatan Paskah hari ini.

Jalan Salin dilaksanakan di Gunung Gandul, Giriwono, Wonogiri. Prosesi itu untuk menggambarkan penyiksaan Yesus hingga akhirnya wafat. Sekitar pukul 06.30, ribuan warga tesebut sudah mulai berkerumun di sebuah bukit. Tepat pukul 07.00, prosesi dimulai.

Prosesi berjalan khidmat. Seluruh umat katolik yang datang berdoa secara khusyu dari awal hingga selesainya acara. Prosesi diisi dengan teatrikal para remaja gereja Paroki St Yohanes Rasul Wonogiri.

Teartrikal tersebut bercerita tentang penyiksaan dan penyaliban Yesus. Dalam teatrikal, seseorang yang memerankan Yesus itu disiksa dan diarak menuju atas bukit. Di atas bukit itulah Yesus kemudian disalib dan dibunuh.

"Dulu prosesi Jalan Salib tak ada teatrikalnya. Mulai tahun 1990-an baru diadakan. Teatrikal ini menceritakan perjalanan Yesus hingga disalib," kata Maximianus Dandum, Kabid Liturki gereja Paroki St Yohanes Rasul Wonogiri sesusai acara.

Dari bawah hingga atas bukit, para jemaat menempuh jarak sekitar 3 kilometer dengan berjalan kaki. Selama rute itu, Yesus yang diarak berhenti sebanyak 14 kali. "Tahun ini, jumlah jemaat yang datang lebih banya karena kita melakukan

Usai disalib, para jemaat kemudian menuliskan harapannya pada selembar kertas yang lalu dibakar. "Saya tadi minta agar bisa naik kelas dan bisa dapat ranking pertama di sekolahan," kata Emiana, jemaat yang masih duduk di kelas 2 SMAN 2 Wonogiri.
Penulis: dik
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
38658 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas