• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Jogja

Kakek 77 Tahun Bunuh Diri karena Kesulitan Ekonomi

Kamis, 5 April 2012 10:48 WIB
Kakek 77 Tahun Bunuh Diri karena Kesulitan Ekonomi
IST
demonstran di Yunani


TRIBUNJOGJA.COM, ATHENA
- Ribuan orang turun ke jalan untuk berunjuk rasa di Athena, Yunani. Aksi demo ini dilakukan setelah seorang kakek bunuh diri akibat tidak tahan dengan kesulitan ekonomi yang menderanya.

Pada Rabu, 4 April pagi waktu setempat, seorang pensiunan ahli farmasi menembak mati dirinya di dekat gedung parlemen di Athena. Pria berumur 77 tahun itu bunuh diri sebagai protes atas krisis ekonomi yang melanda Yunani.

Para saksi mata seperti diberitakan Press TV, Kamis (5/4/2012) menuturkan, kakek tersebut mengarahkan pistol ke kepalanya dan menarik picunya setelah berteriak-teriak "Saya punya utang, saya tak sanggup lagi."

Di saku bajunya ditemukan selembar surat berisi alasannya melakukan bunuh diri. "Pemerintah telah menghapuskan harapan untuk kelangsungan hidup saya dan saya tak bisa mendapatkan keadilan. Saya tak bisa menemukan bentuk perjuangan lain kecuali akhir yang terhomat sebelum saya mulai mengais-ngais makanan dari sampah," demikian bunyi pesan kakek tersebut.

Pada Rabu malam waktu setempat, ribuan demonstran berkumpul di Lapangan Syntagma, tempat bunuh diri itu terjadi. Mereka memprotes kemiskinan parah dan kesulitan keuangan di negeri itu. Warga Yunani tampak membawa lilin, bunga dan kertas-kertas bertuliskan tangan yang mengecam krisis ekonomi. Massa juga meneriakkan slogan-slogan termasuk "Ini bukan bunuh diri. Ini pembunuhan yang dilakukan negara."

"Inilah masalahnya. Apakah mereka (pemerintah) pikir seorang pensiunan bisa hidup dengan 300 euro?" cetus seorang demonstran berumur 54 tahun.

Perdana Menteri Yunani Lucas Papademos menyampaikan kesedihannya atas bunuh diri tersebut lewat pernyataan yang dikeluarkan kantornya.

Yunani telah mengalami krisis finansial sejak 2010 lalu. Sejak itu negara tersebut bergantung pada pinjaman bailout internasional. Pemerintah Yunani pun harus menerapkan langkah-langkah penghematan ketat termasuk menurunkan tunjangan pensiun dan gaji. Namun resesi ekonomi kian parah sehingga menyebabkan ribuan orang kehilangan pekerjaan. (detik.com)
Editor: tea
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas