• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 24 September 2014
Tribun Jogja
Home » Jawa

HUT ke-430 Banyumas Dimeriahkan Lomba Kentongan

Minggu, 1 April 2012 11:30 WIB
HUT ke-430 Banyumas Dimeriahkan Lomba Kentongan
Susilo Wahid
Grup kentongan tengah beraksi di lomba kentongan HUT ke-430 Banyumas
Laporan Reporter Tribun Jogja, Susilo Wahid Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM
, PURWOKERTO - Ratusan warga Purwokerto berkumpul di alun-alun Purwokerto, Minggu (1/04/2012) pagi. Mereka berdiri sepanjang jalan Jenderal Soedirman untuk menyaksikan lomba display kentongan. Pertunjukan parade kesenian alat musik khas Banyumas ini dibawakan oleh sejumlah group kentongan dari Cilacap, Banyumas, Banjarnergara dan Purbalingga.

Kentongan atau yang biasa disebut thek-thek merupakan alat musik yang terbuat dari bambu dan dibunyikan dengan cara dipukul. Untuk menarik perhatian, para peserta mengenakan kostum seragam serta melakukan gerak tari dan nyanyian. Tampak juga penari perempuan berparas cantik atau mayoret yang memimpin rombongan peserta lomba. Pemain kentongan biasanya laki-laki remaja dan dewasa.

Acara tersebut digelar guna memeriahkan HUT ke 430 Kabupaten Banyumas yang diperingati tiap 6 April. Ketua Panitia Lomba Kentongan, Joko Susilo yang juga koordinator Ikatan Paguyuban Wartawan Panginyongan (IPWP) mengatakan acara tersebut sebagai upaya untuk melestarikan kesenian lokal.

"Selain untuk memperingati HUT Banyumas, acara ini juga digelar untuk mengembangkan kesenian tradisional," tutur Joko Susilo di lokasi. (www.tribunjogja.com)
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
38151 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas