• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 20 Oktober 2014
Tribun Jogja
Home » Ekbis » Market

Kanwil Pajak Targetkan Kepatuhan Bayar Pajak 70 Persen

Selasa, 20 Maret 2012 15:28 WIB
Laporan Reporter Tribun Jogja, Gaya Lufityanti


TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Tahun ini, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah (Kanwil DJP) Yogyakarta menargetkan kepatuhan pembayaran pajak sebesar tahun lalu. Kepala Kanwil Pajak Yogyakarta, Dicky Hertanto mengatakan, pihaknya sedang mensosialisasikan beragam cara pelaporan dan pembayaran pajak agar targetnya tercapai. "Setidaknya bisa tercapai seperti tahun lalu, atau sebesar 70 persen," katanya saat menggelar Jumpa Pers di kantornya, Selasa (14/3/2012).


Selama Januari hingga Februari ini pihaknya baru menerima penerimaan pajak sebesar Rp 328 miliar. Jumlah ini, dinilainya masih sedikit dibandingkan ekspektasinya tiap bulan yang mencapai 8,33 persen dari target 2012. "Kami menargetkan penerimaan pajak sebesar Rp 2 triliunan selama 2012 ini," terangnya.


Dari sisi wajib pajak, saat ini sudah 352 ribuan wajib pajak yang melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) di Kanwil DJP Yogyakarta. Tahun ini, lanjutnya, pihaknya akan mendorong peningkatan jumlah wajib pajak sebesar 5 sampai 10 persen. "Namun yang terpenting, yang sudah melaporkan SPT ya kemudian membayar pajaknya, terlepas apakah pajaknya dibayarkan Pemerintah bagi PNS atau dibayar pribadi," terangnya.


Untuk merealisasikan target tersebut, Kanwil Ditjen Pajak Yogyakarta menunjuk ekonom muda, Anggito Abimanyu sebagai percontohan bagi wajib pajak. Dengan kapasitas yang dimilikinya, harapnya, dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) ini mampu mengedukasi wajib pajak yang lain.


"Saya mempublikasikan SPT saya di blog pribadi saya, ini merupakan sebuah langkah yang jarang sekali dilakukan oleh pejabat sekalipun," ujar Anggito Abimanyu pada kesempatan yang sama. (*)
Penulis: gya
Editor: evn
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
37732 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas