• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Jogja

BK Harus Beri Sanksi Tegas

Rabu, 22 Februari 2012 00:02 WIB
BK Harus Beri Sanksi Tegas
TRIBUN JOGJA/HARI SUSMAYANTI
Muhammad Ulinuha, Aktivis Gerakan Pemuda untuk Perubahan Kulonprogo
Laporan Reporter Tribun Jogja, Hari Susmayanti

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO
- Muhammad Ulinuha, Aktivis Gerakan Pemuda untuk Perubahan Kulonprogo, mengatakan pada dasarnya seorang anggota dewan merupakan wakil rakyat yang diberi kepercayaan masyarakat.

Jangan sampai kepercayaan yang diberikan masyarakat dicederai dengan sikap-sikap yang tidak mencerminkan penyambung aspirasi masyarakat.

Ketidakdisiplinan anggota dewan untuk menghadiri rapat kerja ini antinya bisa berpengaruh terhadap penyelesaian perundang-undangan yang sedang dirancang oleh DPRD.

Jika anggota dewan sering tidak hadir dalam rapat kerja, maka tugas dan fungsinya sebagai lembaga pembentuk undang-undang bisa terganggu. Target-target yang sudah direncanakan sebelumnya bisa tidak tercapai.

Sikap anggota dewan yang sering tidak hadir dalam mengikuti rapat kerja ini merupakan bentuk ketidaksensitifan dan ketidakresponbilitas terhadap aspirasi masyarakat.

Ketidak hadiran ini bisa mengakibatkan aspirasi masyarakat tidak sampai dalam rapat-rapat kerja baik dalam pembahasan suatu masalah maupun pembahasan perundag-undangan.

Selain sebagi bentuk ketidaksensitifan dan ketidakresponbilitas, sikap anggota dewan yang tidak hadir ini juga mencerminkan partai pengusungnya tidak  bisa mengontrol anggotanya.

Untuk itu, Badan Kehormatan harus melakukan tindakan tegas terhadap anggota dewan yang sering tidak menghadiri rapat kerja dengan alasan yang tidak masuk akal.

BK harus berani menindak anggota dewan yang telah melanggar tata tertib dengan memberikan sanksi yang tegas baik berupa teguran, surat peringatan maupun peringatan secara langsung. Surat ini seharusnya juga disampaikan ke masing-masing partai pengusung anggota dewan yang bersangkutan.(*)
Penulis: has
Editor: oktora-veriawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
36583 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas