Sabtu, 28 Maret 2015

Tikus Berkicau Diciptakan Ilmuwan Jepang

Minggu, 29 Januari 2012 21:14 WIB

TRIBUNJOGJA.COM, OSAKA — Ilmuwan asal Jepang berhasil menciptakan tikus yang bisa bersiul lewat rekayasa genetika. Tikus ini diciptakan lewat Evolve Mouse Project yang bertujuan untuk mempelajari evolusi bahasa manusia.

"Mutasi adalah pemicu evolusi. Kami telah menyilangkan tikus yang direkayasa genetika selama beberapa generasi untuk melihat apa yang akan terjadi," kata Arikuni Uchimura, pimpinan riset.

"Kami melihat satu per satu tikus yang dilahirkan. Suatu hari, kami menemukan tikus yang bisa berkicau seperti burung," ujar Uchimura seperti dikutip AFP, Jumat (27/1/2012).

Uchimura mengungkapkan, tikus yang bisa berkicau itu lahir karena adanya peluang yang muncul. Namun, sifat berkicau bisa diturunkan ke generasi berikutnya.

"Saya terkejut karena saya mengharapkan sebelumnya seekor tikus yang memiliki karakteristik fisik yang berbeda," ungkap Uchimura.

Selain tikus yang mampu berkicau, proyek ini juga telah menghasilkan tikus yang berkaki pendek dan memiliki ekor unik.

Saat ini, laboratorium pimpinan Takeshi Yagi yang menghasilkan tikus-tikus ini telah memiliki 100 tikus yang bisa berkicau untuk penelitian.

Halaman12
Editor: oktora-veriawan
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas