TribunJogja/

Wisata Live-In Desa Wisata di Sleman Kian Diminati

Kalangan muda mulai lirik pemandangan alam Yogyakarta.

Laporan Reporter Tribun Jogja Mona Kriesdinar

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Obyek wisata alam di Sleman kian diminati wisatawan domestik yang berasal dari kota besar. Satu diantaranya yakni kedatangan sebanyak 167 siswa SMA Pangudi Luhur 2 Bekasi yang akan belajar life skill selama empat hari di desa wisata Tanjung Donokerto Turi Sleman, terhitung mulai tanggal 9 – 12 Desember 2011.


Mereka yang disertai oleh 8 guru pendamping tersebut melakukan live-in bersama masyarakat setempat dan berbagai kegiatan diantaranya belajar seni budaya, pertanian dan berbagai ketrampilan. Demikian sebagaimana yang dipaparkan Kepala Seksi Obyek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) Disbudpar Sleman Hariman Yudoraharjo, Rabu (7/12/2011) saat berada di ruang kerjanya.

Yudo menambahkan bahwa beberapa desa wisata di Sleman sudah menjadi alternatif pilihan bagi wisatawan khususnya dari kalangan siswa sekolah menengah dari luar daerah dan berbagai kota besar di Indonesia. Hal tersebut membuktikan bahwa desa wisata di Sleman sudah benar-benar siap memberikan pelayanan dan akomodasi kepada wisatawan yang livi-in bersama dengan masyarakat setempat.

Sementara itu pengelola desa wisata Tanjung Sujarwati menjelaskan bahwa selama empat hari mereka live-in bersama dengan warga masyarakat setempat dan melakukan berbagai kegiatan belajar seni budaya, pertanian dan ketrampilan atau life-skill.


Diantara kegiatan tersebut adalah orientasi desa wisata, belajar karawitan, menari, dolanan anak, kenduri, menyaksikan pertunjukan kuda lumping dan pekbung. Selain itu ada pula kegiatan out bound, memancing, bersepeda keliling kampung, ronda malam, belajar anyaman bambu, merangkai janur, menganyam tikar, membuat tahu dan tempe, membuat keripik tempe, onde-onde, kerajinan kain jumput. Sedangkan pada hari terakhir, rencananya mereka melakukan kunjungan ke obyek wisata Candi Prambanan. (*)

Penulis: mon
Editor: ayu
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help