A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Harga Jahe di Purwokerto Tembus Rp 40 Ribu Per Kilogram - Tribun Jogja
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
Jumat, 18 April 2014
Tribun Jogja
Home » Jawa

Harga Jahe di Purwokerto Tembus Rp 40 Ribu Per Kilogram

Rabu, 23 November 2011 19:08 WIB

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOKERTO-
Harga rempah-rempah jenis jahe dan kencur di Pasar Wage, Purwokerto, Jawa Tengah, mengalami lonjakan hingga dua kali lipat dari harga sebelumnya.

"Dalam dua pekan terakhir, harga jahe dan kencur telah mencapai Rp40 ribu per kilogram, sebelumnya hanya Rp20 ribu/kg," kata seorang pedagang, Yulianto, di Pasar Wage, Purwokerto, Rabu (23/11/2011).

Menurut dia, kenaikan tersebut disebabkan kelangkaan pasokan dari sejumlah daerah penghasil jahe dan kencur sebagai dampak musim kemarau berkepanjangan.

Dalam hal ini, kata dia, banyak tanaman jahe dan kencur yang gagal panen karena kekeringan.

"Kalau terlalu kering, tanaman jahe kurang bagus, bahkan bisa rusak," katanya.

Oleh karena itu, dia mengaku, terpaksa menjual jahe impor dari China yang harganya jauh lebih murah dibanding jahe lokal.

"Harga jahe impor hanya Rp20 ribu/kg atau separuh dari harga jahe lokal yang saat ini telah mencapai Rp40 ribu/kg," katanya.

Selain jahe dan kencur, kata dia, kenaikan harga juga terjadi pada cabai rawit merah, yakni dari Rp14 ribu/kg menjadi Rp18 ribu/kg.

"Kenaikan harga cabai rawit merah terjadi sejak hari Selasa (22/11). Tomat juga naik dari Rp3.000/kg menjadi Rp5.000/kg serta cabai besar hijau dari Rp11 ribu/kg menjadi Rp12 ribu/kg," katanya.

Akan tetapi, kata dia, harga cabai merah besar justru mengalami penurunan dari Rp35 ribu/kg menjadi Rp24 ribu/kg.

Menurut dia, penurunan harga cabai merah besar yang terjadi sejak awal pekan ini disebabkan mulai berkurangnya permintaan dari masyarakat.

"Saat ini sudah jarang yang menggelar hajatan karena bulan Haji sudah hampir habis sehingga permintaan masyarakat terhadap cabai merah besar pun berkurang. Apalagi nanti saat bulan Suro (Muharram, red.), harga cabai pasti akan murah karena tidak ada orang yang hajatan," katanya.

Seorang pedagang sembako di Pasar Wage, Pendi mengakui, berkurangnya permintaan masyarakat berdampak pada penurunan harga telur.

"Kemarin saat masih banyak orang hajatan, harga telur mencapai Rp16 ribu/kg, sekarang hanya Rp14.500/kg. Demikian pula dengan kacang tanah yang sempat mencapai Rp16 ribu/kg, kini turun menjadi Rp15 ribu/kg," katanya.

Menurut dia, penurunan harga juga terjadi pada bawang merah yakni dari Rp10 ribu/kg menjadi Rp8.500/kg, serta tepung terigu Dahlia dari Rp121 ribu per karung isi 20 kg menjadi Rp117 ribu per karung.

Akan tetapi, kata dia, harga gula merah justru mengalami kenaikan dari Rp9.500/kg menjadi Rp11 ribu akibat tingginya curah hujan sehingga berdampak pada penurunan produksi nira kelapa. (*)
Editor: ufi
Sumber: Antara
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
28737 articles 38 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas